Posts

Showing posts from January, 2015

Iklan Rokok

Saya baru ngeh, bahwa di sini tidak pernah lihat iklan rokok di TV maupun di billboard di jalanan.

Sejak tahun 2005 saya tinggal di sini, belum pernah lihat iklan rokok. Di TV tidak pernah ada iklan rokok. Ada juga iklan layanan masyarakat yang menampilkan bahaya atau akibat yang disebabkan oleh rokok. Paket rokok juga semuanya bergambar mengerikan yang diakibatkan oleh rokok.

Jika melihat billboard di jalanan pun tidak pernah ada satu pun iklan rokok. Harga rokok terbilang mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Tapi masih termasuk murah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa.

Pernah suatu hari ada turis membeli rokok di supermarket. Di setiap supermarket, tempat rokok berada di kasir. Jadi hanya dengan pelayanan kasir saja rokok-rokok itu dapat diambil. Si turis bermaksud membeli 10 slop rokok. 1 slop = 10 paket rokok, hal ini membuat kasir salah paham. Disangkanya turis tersebut meminta 10 paket. Maka kasir pun hanya memberinya 1 slop. Turis geleng-geleng sambil  bilang …

1 Januari 2099

Image
Ada apa dengan tanggal 1 Januari 2099? Apa yang akan terjadi pada tanggal tersebut? Tanggal 1 Januari 2099 adalah masa expire untuk PR saya di Turki. Hmmm andaikan saya masih hidup pada tanggal tersebut, berarti saya akan berumur 120 tahun.


Umur manusia hanyalah rahasia Allah. Bisa jadi pada tanggal tersebut saya masih hidup, bisa jadi juga besok saya sudah menghadapNya. Only Allah Know :)
Tapi yang penting, sampai tanggal tersebut saya tidak usah ribet lagi untuk me-renew ijin tinggal setiap satu atau dua tahun.
"Seandainya kamu memang dikasih umur sampe tahun 2099, gimana jika kamu meninggal pada tanggal 2 januari 2099. Gimana dengan status ijin tinggalnya?" tanya adik ipar.
Menurut peraturan sih, 14 hari sebelum expire harus sudah diperpanjang. Berarti kalo emang saya akan berumur panjang seperti itu, maka 14 hari sebelum 1 januari 2099 akan saya perpanjang lagi PR nya. Gitu aja kok repot heheheh :D






Masak Kepala Salmon

Image
Seperti yang telah saya ceritakan bahwa suami membelikan 2 kepala salmon, maka keesokan harinya saya eksekusi salah satu kepala salmon tersebut.

Hari itu, saya masak kepala salmon dengan bumbu-bumbu yang ada seperti: cabe merah powder, kunyit powder, jahe powder, bawang putih tumbuk, garam, dan pul biber pedas. Sedangkan satu kepala lagi saya simpan di freezer karena belum tahu kapan akan memasaknya lagi.

Jumat (23 Januari 2014), teman menelpon yang mengabarkan ia akan datang ke rumah hari Sabtu yang seperti biasa kami akan masak-masak. Saya jadi kepikiran dengan kepala salmon yang ada di freezer. Maka Sabtu pagi saya keluarkan si kepala salmon dari freezer agar ketika siang temanku datang kepala tersebut sudah tidak beku lagi dan dapat dimasak.

Menjelang siang, teman saya mengabarkan tidak jadi datang. Kepala salmon sudah tanggung dikeluarkan dari freezer. Jadi saya masak saja dengan bumbu gule oleh-oleh dari Belanda. Dan saya makan sendiri lagi dech si kepala salmon ini dan tentuny…

[Part 9] PR Holder Officially

Alhamdulillah...
Setelah menunggu 7 bulan 5 hari, akhirnya bukti approval paper untuk PR (Permanent Resident / Süresiz / Uzun Dönem İkamet izni) saya keluar juga. Sebetulnya PR saya sudah di-approve tgl 24 Nov 2014. Tapi papernya baru bisa dikeluarkan hari ini oleh pihak emniyet Alanya. Meskipun si kartu PR nya belum saya terima, tapi dengan paper ini sudah bisa dipakai utk mengaktifkan sigorta (asuransi) kembali dan saya sudah resmi sebagai pemegang PR. Keuntungan sebagai pemegang PR adalah mempunyai hak-hak yang sama seperti yang dimiliki oleh WN Turki, kecuali tidak boleh jadi PNS dan tidak boleh ikutan PEMILU (memilih dan dipilih). Jadi kalo saya ingin bekerja di sektor apapun boleh tanpa harus apply visa kerja. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Surah Ar-Rahman)

[Part 8] Telepon dari Emniyet

Menjelang jam 10 pagi, suami nelpon dari toko. Meminta saya datang ke toko karena barusan ada telepon dari Emniyet yang meminta suami untuk datang ke sana. "Duhhh ada apa ini, apakah ikamet saya udah datang? Padahal kemarin saya baru dari sana," gumam saya. Saya pun segera ganti baju dan berlari keluar rumah untuk menunggu bus di halte dekat rumah.

Sesampainya di toko, suami udah siap-siap di luar akan pergi. Saya pun memberikan kentkart yang masih berisi uang pada suami.

Tak lama kemudian suami nelpon dari Emniyet, ternyata ini menyangkut penyakit yang pernah saya derita. 2013-2014 saya menderita TBC dan pengobatan berlangsung 6 bulan. Ketika awal-awal pengobatan, pihak klinik TBC Alanya memberikan laporan pada pihak Emniyet, yang mana laporan ini pun sampai ke Kemenlu Turki. Pihak KBRI mendapatkan laporannya dari Kemenlu Turki. Suatu hari pihak KBRI menelpon saya perihal ini, menyakan kabar saya dsb. Terima kasih sudah memberikan perhatian pada saya :)

Tapi sepertinya keti…

[Part 7] Tanya Sendiri ke Emniyet

Biasanya suami yang pergi ke Emniyet untuk menanyakan perihal ikamet saya. Hari ini saya sendiri yang pergi ke sana. Jam 8 pagi dari rumah, naik bus yang lewat sekitar 8.15. Disambung bus no.2 di sebrang RS Başkent. Saya udah lupa rute bus ini, karena terakhir kali naik bus no.2 yang mengarah ke Emniyet adalah tahun 2005 :D Jadi pagi ini saya salah turun yang mana mengharuskan saya jalan kaki kurleb 1 km. duhhh olahraga pagi dech. Sekitar jam 9.10, saya udah sampai di Emniyet.

Masuk gedung melewati pemeriksaan dulu. Tas saya diperiksa. Polisi cowo yang meriksa nanya gini, "orang sini bukan?" Suaranya kurang jelas, maka saya pun memastikan pertanyaannya "Efendim?" Si polisi pun mengulang pertanyaannya. "Suami saya orang sini," jawab saya sambil tersenyum. "Kamu orang mana?" pertanyaan tambahan darinya. "Endonezya," jawab saya. "Bahasa Turkinya bagus," pujinya. "Sudah 10 tahun di sini," timpal saya. Pemeriksaan pun se…

Best of Turki Dicetak Ulang :)

Image
Tadi pagi sehabis melepas anak pergi sekolah, saya langsung buka komputer dan sign in di facebook. Alhamdulillah mendapat berita gembira bahwa buku Best of Turki akan DICETAK ULANG. Sang editor memberitahukan jika akan ada revisi, harus disampaikan paling lambat hari Rabu.

Semoga edisi cetak ulang ini akan laris manis seperti pendahulunya dan memberikan manfaat bagi para pembacanya. Aamiin.

Terima kasih pada semua yang telah membeli dan membaca buku ini ;)

Kepala Salmon

Gara-gara melihat foto Kepala Salmonnya Icha di Norway, saya jadi kabita. Jadi pengen juga. Sebetulnya sih keingatan sama Kepala Kakapnya di RM Padang :D Tapi saya ga pernah liat kepala kakap di supermarket dekat toko. Gak tau kalo di pasar ikan ada atau tidak, malas untuk pergi ke sana. Takutnya udah cape-cape, tapinya ga ada.

Jumat yang lalu, saya ngobrol ke suami tentang kepala salmon. Saya tanya apakah di sini kepala salmon dibagi gratis ke yang membutuhkan heheh atau dijual? "Enak aja dibagi gratis," jawab suami :D

Suami pergi ke supermarket bertujuan untuk beli ini itu dan juga menanyakan perihal kepala salmon. Sepulangnya dari supermarket, ia cerita kalo kepala salmon dijual 2,5 TL per kepala. Tapi hari ini sedang tidak tersedia kepala salmon.
.
.
.
Barusan terima sms dari suami yang mengabarkan kalo ia beli 2 kepala salmon, asiiikkkkkk :D
"Balık kafası alıverdim 2 tane somon" <== isi smsnya

Uang Hilang di Sekolah

Image
Kemarin pulang sekolah, Emine ngangis sambil bilang uang untuk bayar jemputan hilang. Mendengar itu tentu saja saya marah tapi tidak saya luapkan kemarahan itu karena tidak akan menyelesaikan masalah. Saya coba untuk menenangkan Emine terlebih dahulu. Saya bilang pada Emine untuk tidak menangis dan menjelaskan apa yang terjadi. Emine pun menjelaskan kronologinya bla bla bla. 
Saya minta Emine ganti baju dan salat ashar dulu, saya pun begitu salat ashar dulu. Setelah sama-sama selesai salat, saya minta Emine mengosongkan tasnya. Lalu dengan hati-hati semua buku-buku yang ada saya buka siapa tahu terselip di sana. Semua saku-saku yang ada di tas pun dengan hati-hati digeledah. Dan semua saku yang ada di baju dan jaket pun digeledah tapi semua nihil.
Kemudian saya menelpon suami untuk memberitahukan bahwa uang 100 TL untuk membayar jemputan hilang di sekolah. Emine menceritakan kejadian tersebut pada ayahnya. Suami bilang agar besok saya ke sekolah untuk mencarinya. Saya pun langsung ke…

Cuaca Beku

Dinginnnn ... itulah yang kurasakan. Pasti, karena di Turki sedang musim dingin. Seperti halnya yang terjadi di negara 4 musim di bagian utara bola dunia lainnya.

Saking dinginnya, setiap pagi mobil-mobil susah di-starter. Mobil bapak mertua pun setiap pagi harus di-starter beberapa kali, baru dech si mobil bisa jalan. Mobil-mobil tetangga bahkan ada yang tidak bisa jalan sama sekali. Ini dikarenakan mesin mobil kedinginan. Ya, betul, Anda tidak salah baca. Mesin mobil pun bisa kedinginan jika cuaca sedingin ini.

Di kota lain, sudah dihujani salju. Tapi salju sudah enggan turun dari langit Alanya sejak thaun 1979. Tapi semenjak saya di sini, dua kali salju menghampiri. Pertama, winter 2008 (in the nite of 19 february 2008). Kedua adalah saat akhir winter 2012. Pertama dan kedua salju itu pun hanya beberapa menit saja, cukup lah bagi saya untuk merasakan turunnya salju. 

Meskipun di Alanya tidak bersalju, tapi pegunungan Toros yang mengelilingi Alanya di utara tertutup salju tebal. Kemu…

[Part 6] Tanya lagi ke Emniyet

Setelah mengetahui bahwa ikamet saya di-approve dan katanya si kartu akan datang via pos sebulan lagi. Saya pun menghitung bahwa waktu sebulan dari approval itu adalah Desember. Sedangkan sekarang sudah bulan Januari tapi si kartu ikametku belum datang juga.
Hari ini suami pergi lagi ke Emniyet untuk menanyakan kapan kartu itu akan datang. Karena waktu itu (November) katanya sebulan lagi. Ternyata katanya kartu saya belum beres dan masih harus menunggu. Katanya juga karena ini PR maka saya masih diteliti dari A-Z. Apakah saya ada hubungan dengan kasus-kasus kejahatan. Padahal waktu apply melampirkan SKKB tapi ternyata itu tidaklah cukup.
Jadi sekarang saya masih menunggu kedatangan kartu itu.

Helikopter dan Bom di Alanya

Jika mendengar suara helikopter di Alanya maka yang terpikir adalah kebakaran hutan (terjadi setiap musim panas), yang mana helikopter mondar mandir mengambil air dari laut lalu pergi ke hutan untuk menumpahkannya. Atau datangnya pejabat negara. Atau adanya transfer pasien UGD dari kota lain ke Alanya atau pun sebaliknya. Seperti pernah waktu itu ada pasien dari kota lain yang jarinya putus dan ditransfer ke salah satu RS di Alanya dan jarinya berhasil disambung kembali, Alhamdulillah.

Tapi hari itu, Jumat (7 September 2012), suara helikopter yang terdengar membawa berita yang sangat berbeda. Hari itu helikopter berputar-putar di langit Alanya seperti sedang mencari sesuatu. Diperkuat dengan banyaknya polisi yang berpatroli di pasar Jumat, baik itu polisi berseragam maupun yang berpakaian sipil. Biasanya polisi yang berpatroli di pasar Jumat hanya polisi yang berpakaian sipil saja, itu pun ditujukan untuk kasus pencopetan. Sedangkan Jumat itu polisi yang berpatroli beda dari biasanya.

Modal untuk Berbisnis

Image
"Bersyukur pada-Nya kemarin, hari ini, dan hari esok adalah modal untuk menghadapi lika-liku bisnis."  -Dian Akbas-
Ketika akan terjun ke dunia bisnis, salah satu hal yang menjadi pertanyaan pasti tentang modal. Bisa jadi, modal adalah alasan pertama calon womenpreneur urung menjalankan bisnis. Mana ada sih, bisnis tanpa modal usaha? Begitu kan, pasti Anda membatin?
Lalu, dari mana saya mendapatkan modal? Pastinya banyak pertanyaan seperti ini.
Jika meminjam ke bank, Anda pun akan maju mundur karena pinjaman bank identik dengan bunga. Dan bank pun tidak akan meminjamkan uang begitu saja, pastinya harus ada jaminan.
Jika tidak pinjam ke bank, dari mana mendapatkan modal?
Tenang saja, tentu perlu modal jika ingin berbisnis. Jika ingin tahu bagaimana mendapatkannya, Baca dech buku #WomenpreneurChecklist ;) 
Di buku ini dikupas lengkap tentang permodalan.


Nonton Kaleidoskop Akhir Tahun

Pulang dari RS langsung saya bersihkan anak walaupun ga dimandiin karena cuaca dingin banget. Sesudah itu gantian saya yang membersihkan diri, kalo saya mandi donk :D

Dua hari nginep di RS karena anak sakit. Alhamdulillah tahun baru -1 boleh pulang karena anak sudah sembuh.

Malam tahun baru yang paling saya suka adalah acara kaleidoskop. Nonton kilas baik apapun yang terjadi selama setahun. Sewaktu di Indonesia pun saya suka nonton acara ini. Di Turki juga sama, acara kaleidoskop selalu ada. Semalam saya nonton kilas balik di NTV, entah di chanel yang lain ada acara seperti ini atau tidak.