Cuaca Beku

Dinginnnn ... itulah yang kurasakan. Pasti, karena di Turki sedang musim dingin. Seperti halnya yang terjadi di negara 4 musim di bagian utara bola dunia lainnya.

Saking dinginnya, setiap pagi mobil-mobil susah di-starter. Mobil bapak mertua pun setiap pagi harus di-starter beberapa kali, baru dech si mobil bisa jalan. Mobil-mobil tetangga bahkan ada yang tidak bisa jalan sama sekali. Ini dikarenakan mesin mobil kedinginan. Ya, betul, Anda tidak salah baca. Mesin mobil pun bisa kedinginan jika cuaca sedingin ini.

Di kota lain, sudah dihujani salju. Tapi salju sudah enggan turun dari langit Alanya sejak thaun 1979. Tapi semenjak saya di sini, dua kali salju menghampiri. Pertama, winter 2008 (in the nite of 19 february 2008). Kedua adalah saat akhir winter 2012. Pertama dan kedua salju itu pun hanya beberapa menit saja, cukup lah bagi saya untuk merasakan turunnya salju. 

Meskipun di Alanya tidak bersalju, tapi pegunungan Toros yang mengelilingi Alanya di utara tertutup salju tebal. Kemungkinan inilah salah satu sebab yang membuat cuaca di Alanya sangat dingin.

Air hujan yang mengalir di jalan pun membeku. Untung saja bis yang saya tumpangi menuju pusat kota tidak tergelincir karena supirnya sangat berhati-hati melewatinya.

Kadang iri melihat kota lain bersalju. Tapi sebetulnya salju tidak selalu membawa kesenangan untuk bermain. Salju juga seringkali membawa petaka. Banyak kecelakaan lalu lintas dikarenakan salju. Dan banyak orang sakit di daerah perkampungan yang terhalang salju untuk dibawa ke rumah sakit.

Semoga saja musim dingin ini membawa berkah untuk kita semua. aamiin.

Kita semua tahu bahwa habis gelap terbitlah terang. Maka musim dingin pun akan berakhir dan akan berganti dengan musim semi yang mana bunga-bunga bermekaran indah.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki