Membongkar Tabir Hanut


Hanut itu apaan sih? Hanut itu seseorang yang membawa customer turis ke toko kita. Jika kita berhasil menjual ke si turis, maka orang itu dikasih persenan. Hanut biasanya orang yang berstatus sebagai pegawe di toko lain. Jadi misalnya ada turis datang ke toko tempat si hanut kerja. terus si turis perlu baju muslim, nah sama si hanut diantar ke toko saya.
Kemarin ada turis Inggris asal Banglades dibawa oleh si hanut ke toko saya. Turis belanja di toko saya, otomatis saya harus ngasih persenan ke si hanut atas penjualan ini.
Belum pernah ada turis yang nanya hubungan saya sama orang yang mengantarnya itu. Tapi turis kemarin sepertinya dia iseng nanya begini.
"Apa hubungan kamu dengan orang yang tadi ngantar saya. Apakah dia ada hubungan bisnis sama kamu?"
Saya pun buka kartu tentang hanut ke turis itu.
"Dia itu dapat persenan kalau saya menjual barang ke kamu."
Saya menjelaskan sedikit tentang hanut ke turis itu. Dia jadi speechles dan kayaknya dia merasa bersalah sudah menawar. Karena sekarang dia tahu kalau uang yang saya dapat darinya harus diberikan ke si hanut 10%.
Di Turki, sebenarnya hanut itu dilarang alias melanggar hukum. Tapi sepertinya hukum itu ada untuk dilanggar 😐
Hanut-hanut yang suka mengantar turis ke toko saya atau toko lain itu hanyalah kelas teri. adapun hanut kelas kakap yang pastinya lebih menguntungkan.
Tur-tur yang punya "perjanjian" dengan toko leather atau jewelry (biasanya toko besar), ini pun termasuk hanut (kelas kakap). Karena mereka selalu membawa rombongan turis ke toko leather dan jewelry. Di Alanya biasanya turis rusia yang suka dibawa ke toko-toko ini.
Jadi kepikiran, di paris ada hanut juga ga ya? kalo jadi hanut di sana, 10% dari toko channel misalnya 😃




No comments:

Post a Comment

Belajar Bahasa Turki Online

  Bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Turki,  ini ada kursus singkat sebulan saja. per batch hanya 10 orang. Investasinya murah aja k...