"Sultan" Palestina

Kemaren sepulang dari Zuhur di mushola, di depan toko udah ada babang ganteng dua orang. Ternyata mereka dua turis yang dibawa oleh hanut.

Saya langsung mengajak mereka masuk ke toko. Si babang ganteng yang kulitnya putih langsung nunjukkin foto mukena, "Do you have this?"
"Yes," jawab saya sambil nunjukkin barangnya. Saya pun nunjukkin model-model mukena yang lain. Sekarang di Turki sudah tersedia berbagai model mukena ala Turki. Ini jadi mempermudah bagi cewe-cewe OT yang tidak berjilbab jika ingin melaksanakan salat 5 waktu. Dan juga, namaz elbisesi aka prayer dress aka mukena ini banyak dicari oleh turis-turis luar negeri. Jadi kami pun menyediakannya di toko.
"Berapaan?" tanyanya.
Saya jawab dengan menyebutkan angka yang tertulis di tag price.
"Itu sudah last price?" tanyanya lagi.
"Tenang aja bang, nanti ada diskon," jawab saya.
Terus si babang vidio call sama seseorang sambil menunjukkan produk yang ada di toko. Dia ngomongnya pake bluetooth earphone. Sementara babang yang satunya pergi ke luar. Pas balik ke toko, dia bawa air. Oh ternyata dia keluar buat beli air. Padahal mah bilang ih, air mah ada tuh di kulkas 😃
Sementara si babang lagi vidio call untuk milih-milih baju, saya nyalain laptop. Karena siapa tahu perlu internet buat konversi mata uang. Karena biasanya turis suka minta konversi ke usd atau euro. Seperti pagi-pagi dibawain turis rusia sama hanut yang lain. Dan, yes, turis rusia emang suka bayarnya pake usd. Tapi ternyata babang ini bayarnya pake turkish lira.
Nah, sembari tetap ngomong di telepon, si babang juga ngomong sama saya. "Tunik yang itu ada ukuran sekian? Set yang itu ada ukuran sekian?" Babang ini nanya ukuran 38 dan 40. Tunik dan set yang ditanyakannya itu ukuran big size, jadi tidak ada ukuran yang ditanyakan. Terus saya tunjukkan tunik dan set yang ada ukuran 38 dan 40.
"Katanya kalau ukuran Turki itu lebih kecil dari ukuran Eropa," kata si babang.
"Mungkin juga," ucap saya dengan mimik ga yakin.
"Kamu ada meteran?"
"Ada," langsung saya ambil meteran.
"Bentar ini lagi ngukur dulu," katanya orang yang ditelpon lagi ngukur di sana.
"Coba ukurin tunik ini," sambil dia nunjuk yang akan diukur.
Terus saya ukur juga tunik yang dipasang di manekin luar.
"OK, saya mau tunik yang di luar itu," katanya.
"Saya mau set tunik yang di atas ini," tambahnya.
"Yang itu kan ga ada ukurannya," ucap saya.
"No problem."
Ya udah saya turunin ukuran terkecil 44.
"saya juga mau long dress ini," sambil nunjuk long dress pink.
Saya turunkan ukuran 42, long dress ini slim fit jadi bisa pas untuk 40.
"kalau tunik yang ini?" dia nunjuk tunik warna hijau.
"Yang ini paling kecil 46," jawab saya.
OK kalau gitu hitung berapa total yang tadi.
"Mukenanya 1?" tanya saya.
"Saya mau 3," jawabnya.
"Saya cuma punya 2."
"OK berarti 2."
Saya lanjut ngitung total. saya totalin harga normal, kemudian saya totalin harga diskon. terus saya tunjukkin ke dia.
"Ini udah last price?"
"Kalau mau nawar, boleh."
Eh ternyata dia mau nambah lagi.
"Saya mau yang hijau juga," katanya.
"Tapi kan ga ada ukurannya," ucap saya.
"Gpp. Saya kalau lihat yang saya suka, saya harus membelinya," ucap si babang sambil terpana lihat tunik hijau.
euleuh ini babang ternyata sultan ya 😃
Ya udah saya turunin yang ukuran 46.
Saya selalu mencatat dari mana asal turis yang belanja di toko saya. Saya pun nanya asal si babang ini.
"Saya asalnya dari Palestina, tapi saya tinggal di Holland," jawabnya. Meni someah si babang teh, selalu tersenyum kalau ngomong 😃
Saya tambahin harga tunik ini ke totalan yang tadi. Si babang ngeliatin kan tulisan saya. langsung dia ngeluarin uang segepok (seratusan) dan dihitungnya. terus taro di meja.
"Bismillah," saya pun hitung uang segepok itu. Dan jumlah uangnya sesuai dengan totalan yang saya tulis.
Setelah saling mengucapkan terima kasih dan saya serahkan barang borongannya, si babang dan temannya pun keluar dari toko saya. Saya antarkan sampe depan dan say goodbye.
Alhamdulillah transaksi yang lancar tanpa drama dan bisa bagi-bagi persenan gede ke hanut. Seneng kalau dapat customer turis yang dibawa hanut model gini. jadi kan si hanut juga dapet persenannya gede.

No comments:

Post a Comment

Tip dari turis Albania

  sewaktu nongkrong di depan toko ada ibu ot yang nanya harga jaket yang digantung di atas pintu (otomatis menghadap ke toko). pas balik bad...