Hutang yang terbayarkan

Dua tahun lalu, suami saya kedatangan customer laki laki yang ingin membeli ferace/abaya untuk istrinya. Si suami ini bekerja di alanya, sedangkan istrinya tinggal di kampung halaman yang terletak di daerah timur turki.
Si suami membeli ferace dan membawa ke kampung halaman. Suami saya bilang kalau kekecilan atau kegedean, bisa ditukar tapi jangan kelamaan.
Beberapa waktu kemudian, si abang ini datang lagi ke toko. Feracenya kekecilan, minta ditukar dengan yang lebih besar. Si istri minta ditukar juga dengan model yang lain. Video call deh si abang dengan istrinya dan diperlihatkan model yang ada. Si istri suka salah satu model, dan si abang pun menukar dengan model itu ukuran lebih besar. Udah, si abang pulang tuh ke kampung lagi.
Eehhh beberapa bulan kemudian datang lagi, katanya ferace kegedean. Saya tawarkan untuk dikecilkan satu ukuran, tapi si abang ga ada waktu karena udah mepet waktu bus mau berangkat. Ya udah, nanti aja kalo ada model baru lagi. Pergi aja si abang. Kita sama sama bego… saya ga minta no hp atau ngasih no telp toko supaya dia bisa menghubungi, si abang juga ga ngasih no hp.
Blas aja dua tahun berlalu coz tahun lalu dia ga ada datang ke sini. Ramadan tahun ini, akhirnya si abang datang lagi. Waktu dia datang ke toko, saya seperti mengenalnya. Pas dia ngomong, saya langsung ingat sama hutang.
Saya hubungkan dulu dia sama suami saya. Mereka ngomong di telpon. Ternyata dia udah ga kerja di alanya lagi jadi ga ada kesempatan datang ke sini. Ga tau dia kerja apa di kampung.
Suami bilang, dia boleh pilih pakaian yang mana terserah sesuai harga feracenya. Kalo ga ada yang cocok, boleh diambil uangnya. Saya pun katakan demikian ke si abang. Dia nelpon istrinya tapi ga diangkat katanya. Dia pamit keluar dulu. Setelah siang dia balik lagi, katanya istrinya masih ga angkat telpon. Ya udah mendingan saya balikin aja uangnya. Daripada nunggu nunggu lagi. Akhirnya setelah dua tahun, berat megang uang orang lain selama itu. Kalo salah satu dari kita keburu mati gimana coba, nauudzubillah, kalo ditagih hutang di akhirat.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...