Yes I am Old


Suatu malam di terminal bus. Saat itu hampir jam 9, sedang menunggu pintu bus dibuka utk tujuan pulang, saya mengobrol dengan seorang ibu bule di halte terminal.
Saya sudah sering melihat ibu bule ini sejak beberapa tahun lalu. Last year pernah ngobrol sekali, tapi sepertinya si ibu sudah lupa. Ibu bule ini temannya (bisa dibilang begitu) seorang ibu turki. Ibu turki ini tetangga saya yg bekerja (bersama suaminya) sbg pembersih toilet di belakang balai kota. Ibu turki ini mengaku kalo ibu bule ini temannya. Ya mereka sering bareng nunggu bus dan suka ngobrol walau dengan bahasa masing masing. Karena ibu turki ga bisa english dan ibu bule ga bisa turkish.
Nah malam itu mereka ngobrol sesuatu tapi sepertinya ibu bule bingung. Saya baru datang ke sana dan berdiri depan mereka. "Kamu bisa english?" tanya ibu bule. Saya pun mengiyakan. Lau saya menerjemahkan utk membantu percakapan mereka. Dari sana mulai nyambung ke percakapan lain. Ibu bule ngomong sesuatu dengan mimik dan gerakan tangan yang seperti sedih, lalu ibu turki bilang gini, "suaminya meninggal."
"Yes I am old," kata si ibu bule pada saya.
"How old are you?" tanya saya.
"Next year I will be 80," jawabnya.
Saya pun menerjemahkan pada ibu turki.
Ibu bule tinggal di sebuah rumah di kaki bukit tempat saya tinggal. Sepertinya blio membeli rumah di sana.
Karena ibu turki bilang kalo suaminya meninggal, saya pun menanyakan ke ibu bule secara tidak langsung.
"And your husband?" tanya saya.
"My husband will come on 13 (kalo ga salah dengar). I have 4 children older than you."
Dia pikir umur saya berapa hehehe
"How old are you?" tanya ibu bule pada saya.
"Next year I will be 40," jawab saya.
Baru dech ibu bule bilang kalo anaknya seumuran saya.
"And this is my daughter," ucap saya sambil menggandeng anak saya.
"Oh, kalian seperti adik kakak," ucapnya 
Kami pun lanjut ngobrol. Saya bilang kalo saya dari Indonesia. Lalu beliau nanya tentang bagaimana saya bisa berada di sini. Saya pun cerita bla bla bla. Lalu ketika beliau mulai cerita tentang asal beliau. "Saya lahir di greenland," ucapnya. Dan supir bus datang membuka pintu bus dan kami pun masuk ke bus lalu ngambil posisi masing masing. Cerita si ibu bule jadinya terputus.
Ya saya ingat, rasanya tahun lalu si ibu bule ini bilang kalo beliau berasal dari denmark. Mudah mudahan lain waktu ketemu lagi utk lanjut ceritanya 

No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...