Tawar menawar sunat rasul


Itu yang sering saya dengar dari orang turki yg menawar.
Saya malas mendengar orang yg nawar dengan membawa bawa nama Allah dan rasul. Kalo ga ada uang cukup ya udah jangan beli barang yg itu. Sudah ada pilihan barang yang harga sekian dan sekian. Barang A harga A (mahal), barang B harga B (murah). Dari harga sekian saya kasih diskon hingga last price. Sudahlah tak usah merengek minta barang A dengan harga B.
Janji akan mendoakan jika diberi harga tawarannya. Untuk apa mendoakan tanpa rasa ikhlas.
Barusan ada dua cewe turki adik kakak yg mau beli tunik buat hadiah mother day. Saya ga kasih tawarannya utk barang A. Mereka bilang "mahal mahal" dan keluar. Ntah mungkin cari ke toko lain tapi ga nemu yg lebih murah. Beberapa menit kemudian balik lagi ke sini. Saya tau di toko sekitar lebih mahal harganya.
Mereka bikin jebakan. Pas udah dibungkus barangnya, mereka kasih uang kurang 5 lira dan minta dihalalkan. Saya ga mau harga segitu. Lalu mulailah nama Allah dan Rasul dibawa bawa. Sunat lah inilah itulah. Aduhhh pokoknya repot dan suaranya kenceng kayak lagi berantem sama saya. Jadi ya sudah lah saya kasih tapi hati saya mangkel.
Saya sebelnya dia udah ngomong mahal mahal tanpa lihat di toko sekitar. Buktinya dia balik lagi. Tapi kalo awalnya biasa aja menanggapi harga segitu lalu minta diskon, saya juga pasti kasih.
Prinsip saya ga akan ngasih diskon sama orang orang yg langsung ngejudge mahal, tanpa melihat atau ngerti kualitas barang. Karena harga itu berbanding lurus dengan kualitas.

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...