Kota Turis yang Jauh dari Istanbul


Orang Indonesia kebanyakan tidak tahu keberadaan Alanya. Beberapa teman Indonesia yg bersuamikan cowo turki dan tinggal di turki, pernah ke alanya dan kopdar dengan saya. Ada mak Aida dan mak Elif dari antalya yg pernah kopdar di sini. Ada mba Fifi, mak Debi dan mak Camar yg pernah kopdar di toko, Nur sekeluarga dari jerman, teh Talitha, Ayşe abla, dan Umi Farida juga. Juga teman Indonesia yang di mancanegara (Norma dari jerman, Alda dari belgia dan Retno dari bosnia) sengaja berlibur ke alanya dan bertemu dengan saya.

Ya memang, alanya jauh dari istanbul tapi kecantikan alamnya tak kalah dari istanbul. Buktinya banyak turis asing yang membeli rumah, juga yg mengisi masa pensiun di alanya. Btw alanya adalah main destination turis eropa.

Salah satu turis jerman yg saya kenal, suami istri pensiunan. Datang ke alanya september 2010 nyetir mobil sendiri. Nyampe di alanya langsung jatuh hati pada kota ini. Dijual mobilnya, tambah uang, lalu membeli rumah di sini. Ada juga turis arab customer saya, si istri yg cerita ke saya bahwa mereka ingin pindah kemari.

Tahun 2005, ada turis belanda keturunan indonesia yang sengaja kembali datang ke alanya untuk ketemu saya, padahal saya ga kenal mereka.

suatu hari di tahun 2005, dua turis ibu dan anak cewe datang ke toko. "I met your husband last year," kata si ibu turis pada saya. "Eh, tahun lalu saya belum menikah. Ini juga baru nikah beberapa bulan," gumam saya dalam hati.

Lalu kami mengobrol. Ternyata tahun 2004, mereka datang ke sini dan bertemu dengan suami saya yg saat itu masih my bf. Suami saya bilang ke mereka kalo gf nya orang indonesia dan dia akan pergi ke indonesia utk menikah. "Kalo kalian mau ketemu istri saya, tahun depan ke sini lagi," ucap suami pada mereka.

Sejak 2012 ada mak Muthiya di sini. Ada mak yuli dan mak novita yg lagi mudik dan sampai sekarang ada mak exsa dan mak farida dari gazipaşa yg suka ketemuan. Ada mak Lia juragan hijab yg suka mudik ke alanya. Ada 1 pelajar Indonesia, Akbar yg sekarang sedang di Poland. Juga ada beberapa teman yang kerja di spa.

Sejak tahun lalu atau dua tahun lalu (lupa tepatnya), saya mengenal para hafiz Indonesia dan malaysia yang sedang nyantri di alanya. Setiap hari izin dan jalan jalan ke city center, mereka pasti mampir ke toko untuk sekedar menyapa atau pun ngobrol.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...