Install program di komputer


"Ini profesor udah kirim programnya, saya udah donlod," ujar suami pada saya yang sedang ketiduran di ruang tamu. Udah kebiasaan saya, nonton tv tapi tidur. "Tuh kamu install sekarang," pinta suami. Saya yang masih lulungu langsung menuju komputer. Ditunjukkan ditaro di folder mana programnya, lalu saya mulai menginstal. Ternyata program ini perlu dicrack. Cracknya ada di note berbahasa inggris. Windows di komputer ini defaultnya turkish. Sedangkan saya orang indonesia dan sedang ngantuk. Asli otak saya nge hang seketika.

Untuk beberapa menit saya ga bisa menerjemahkan crack itu ke bahasa turki. Ga kepikiran minta bantuan google translate, namanya juga lagi ngantuk. Nyawa belum terkumpul semua, udah disuruh kerja di komputer. Puyengggg.

"Udah belum, bisa nggak," gitu aja tanya suami.
"Ga bisa ini cracknya pusing," jawab saya sambil ngelayap di youtube cari bantuan.
Karena ngantuk, malah cari yang bahasa inggris bukannya turki. Sami mawon jadinya.
Perlahan nyawa saya ngumpul dan bisa berpikir sedikit jernih. Akhirnya bisa dicrack juga programnya dan suamiku bisa mulai nulis tesisnya pake program itu, alhamdulillah.

Kejadian itu bukan pertama kalinya, suami nyuruh saya mengerjakan sesuatu di komputer dalam keadaan ngantuk.

Pernah waktu anak saya masih balita, saya dimintanya untuk re-format komputer karena komputer slow motion. Windows default turkish, jadi saya udah catat step by step dgn bahsa turki biar ga salah. Tapi namanya juga ngantuk, liat catatan aja masih salah mencet tuts keyboardnya. Harusnya pijit remove, eh malah repair. Ketika proses beres, komputer malah lebih slow motion. Jadinya diulang lagi, re-format dua kali malam itu.


No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...