berbicara 3 bahasa dengan anak

kawin campur bukanlah hal luar biasa di zaman sekarang ini, tapi itu adalah hal yang biasa-biasa saja...apalagi dengan adanya internet yang sangat memungkinkan untuk mendorong semakin banyak terjadinya kawin campur

untuk kawin campur ini nantinya yang harus dipikirkan tentang bahasa yang digunakan untuk bicara dengan anak...seperti saya orang indonesia, otomatis saya mengajak bicara kepada anak memakai bahasa indonesia dicampur juga dengan bahasa sunda (karena saya asli sunda:D) dicampur juga dengan bahasa inggris, karena saya dan suami berkomunikasi memakai bahsa inggris jadinya anak juga suka diajak ngobrol bahasa inggris. sedikit2 sih dicampur juga bahasa turki (karena saya baru bisa sedikit bahasa turki). klo untuk bahasa turki....keluarga disini mengajak bicara anak saya memang memakai bahasa turki, karena kami tinggal di turki jadi otomastis bahasa ibu untuk dia nanti emang bahasa turki.......

klo untuk bahasa inggris.....english kan bahasa international...dia juga harus bisa nantinya....sedangkan bahasa indonesia...menurut saya dia harus bisa juga karena dia punya family di indo dan ga semua familinya bisa english jadinya dia juga harus terbiasa dengan bahasa indo..klo untuk sunda sih optional aja....

tapi kadang saya berpikir...kasian juga anak ini harus bisa multilingual sekaligus...dia bingung gak ya???

melihat pengalam orang lain yang kawin campur...emang anaknya diajak bicara bi-lingual or multilingual.....waktu saya nonton berita..di istanbul itu sekarang ada kursus bahasa inggris untuk bayi umur 6 bulan....berarti emang ga ada salahnya mengajak bicara anak dalam berbagai bahasa....mudah2an aja si anak dapat mengerti dan tidak bingung......

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...