Come on haji


Kemarin selagi saya melayani turis maroko (3 orang), datang sekeluarga turis irak (6 orang) yang dibawa oleh hanut (nanti di post lain saya akan cerita ttg apa dan siapa hanut).
Si turis maroko akan pergi (ga jadi beli) karena merasa kemahalan harganya, si hanut bilang gini.
"She helps everyone, she is super woman."
Eh si turis maroko ga jadi pergi dan jadi membeli abaya untuk hadiah ibunya.
Lalu saya pun melayani keluarga irak yang dibawa hanut.
Mereka tertarik dengan longdress sifon. Dua orang mencoba. Setelah beberapa saat, akhirnya fix akan membeli 4 dress.
Kemudian saya berikan last price, tapi tetep aja ditawar. Last price dari saya 150 per dress. Saya ga bisa turun sih sebenernya karena ini udah harga termurah di antara toko lain. Apalagi kalo turis diantar oleh hanut, nanti kalo terjadi penjualan, harus kasih komisi 10% ke hanut (nanti diceritakan jg ttg ini).
Si ibu irak nawar 120. Saya bilang No.
Kemudian naikin tawaran jadi 130. Saya tetep bilang No.
"Coba tanya tanya dulu harganya ke toko lain, nanti balik lagi ke toko saya," ucap saya.
"Ok haji, 140," kata si ibu.
Saya hitung hitung dan kurangi komisi hanut.
"Come on haji come on haji," rajuk si ibu dan keluarganya sambil bertepuk tangan. Kayak lagi perlombaan aja .
Hehehhe
Ok lah, akhirnya saya kasih harga segitu.
Setelah beres transaksi, kami saling berterima kasih. Si ibu memeluk saya dan bilang terima kasih lagi.
Sebelum pergi, saya tawarin air minum lagi.
"Ya ya," kata si turis sambil nunjukkin botol kosong.
Saya pun memberikan 3 botol (@50 ml) pada mereka.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...