Cewe-Cewe Kazan


Kazan adalah ibukota dari Tatarstan. Orang Tatar biasanya bisa sedikit bahasa turki. Tapi ga tau dengan cewe-cewe yang cantik ini. Mereka hanya ngomong bahasa Rusia tanpa mempedulikan saya yang kagak ngarti.
Ceritanya gini. Jumat lalu, si mba yang kerja di toko seberang, membawa Tiga cewe-cewe ini ke toko saya. Katanya mau nyari baju baju panjang. Saya pun langsung melayaninya.
Tiga cewe ini baik sih, ga nawar pula. Iya iya aja dengan harga yang saya kasih. Cuman di akhir nanya ada diskon ga. Yah wajar itu mah.
Tapi, mereka teh meni egois. Ngomong aja nyerocos bahasa Rusia. Dari sekian kalimat yang dikatakannya, cuman beberapa yang saya pahami. Setiap ngomong, meluncur sekian kalimat, dan saya ngerti satu kata 
Misal pertama dia ngomong, yang ketangkep oleh saya, dia nyari big size. Saya tunjukkan yang ukuran besar. Dia ngomong lagi banyak. Yang saya ngerti cuma satu kata yaitu "ukuran 54". OK lumayan lah, bagian ini kan yang penting.
Saya kasih baju yang diinginkan dengan ukuran segitu. Dia bawa meteran terus ngukur. Ternyata pas. OK jadi beli.
Terus pas mau bayar, dia lihat jaket dan tertarik. Saya kasih ukuran paling gede. Dia ukur juga pake meteran. OK juga.
Dia nanya harga, saya kasih tunjuk di kalkulator hp. Dia ngangguk-ngangguk tanda setuju.
"Ada diskon ga?" tanyanya.
OK lah saya kasih diskon 2 dolar. Dia seneng banget.
Sambil transaksi, mereka nanya bus yang menuju hotelnya. Tapi tetep nanya pake bahasa Rusia.
Ya udah saya nanya asal mereka pake bahasa Turki aja. Mereka bingung dech. Gantian donk jangan saya aja yang bingung 
Saya perjelas pake bahasa Inggris, bukan bahasa Rusia hehe
"Where are you from? Rusia?"
"Da (Ya) Rusia, Kazan, Tatar," jawab mereka.
Udah beres transaksi, saya kasih tunjuk dech jalan menuju terminal untuk naik bus ke hotelnya.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...