Kantong Plastik Berbayar


Mengawali tahun 2019, Turki memulai dengan memberlakukan kantong plastik berbayar di supermarket dan minimarket. Yang mana hal ini sudah dilakukan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu.
Kemarin, anak sudah bilang bahwa kantong plastik di minimarket harus bayar. Jadi, ketika dia membeli dua bungkus biskuit dibawa begitu saja (tanpa kantong plastik). Saya sudah tahu perihal ini dari berita yang saya tonton beberapa hari sebelum tahun baru.
Tapi, dasar pelupa. Sorenya saya pergi ke minimarket lain untuk membeli sponge dan kawat cuci piring serta cairan pembersih. Sampe di kasir, baru ingat kalau saya ga bawa tas belanjaan.
"Mau beli kantong plastik?" tanya kasir pada pembeli yang di depan saya.
mendengar pertanyaan kasir, baru dech ingat.
Saya pun mendapat pertanyaan yang sama dari kasir. Apa boleh buat, sekali ini saya membeli kantong plastiknya seharga 0,25 TL. Padahal di tas saya sudah tersedia kantong belanjaan yang saya bawa dari Indonesia. Juga, saya pernah diberi hadiah kantong belanjaan (yang dapat dilipat kecil) oleh teman dari Norwegia.
Semoga dengan "Kantong Plastik Berbayar" ini setidaknya dapat mengurangi penggunaan plastik

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...