Cerita Jumat Ini

Menjelang siang, saya belanja sayuran dan buah di lapak-lapak yang berada di depan toko saya. Semua pedagang di lapak-lapak itu mengenal saya. Kalo misalnya saya ga beli apa-apa juga, suka dikasih satu dua biji untuk dimakan saat itu.

Si teteh tempat saya nongkrong ga datang, anak cowoknya yang gantiin (dia juga kenal saya). Jadi saya ga bisa nongkrong di situ. kemaren si teteh nelpon katanya dia lagi rumah sakit di Antalya, nemenin suaminya yang sedang pengobatan kanker.

Oh iya, back to cerita belanja.

Saya belanja pırasa (bawang perai) dan cabe hijau (manis) di anak si teteh. Karena udah kenal dan mungkin diinstruksi oleh emaknya, jadi dikasih diskon.

Terus beli portakal (orange) di lapak si teteh yang satu lagi (tukang jagung). Si teteh yang ini juga hari ini ga ada, cuman ada pegawenya (cowok). Si pegawe ini juga udah kenal saya, bahkan kemaren cerita kalo kakeknya dia ini sobatnya mertua saya. Waktu saya mau milih portakal di lapaknya, dia minta saya milih yang di belakang. "kamu sodara saya, makanya saya minta kamu milih yang di sini," katanya sambil membuka kasa portakal. Beres memilih, saya kasih portakal untuk ditimbang. "Berapa?" tanya saya tanpa melihat timbangan. "Seikhlasnya aja," jawabnya.

Terus, saya beli pisang. Bapak tukang pisang ini kenal dekat dengan suami saya. Bahkan, suami saya melakukan penelitian untuk tesis S2 nya di kebun pisang milik si bapak ini. Saya pilih pisang dan masukan ke plastik. Si bapak nambahin terus dikasih ke saya sambil bilang gini, "Ga usah bayar." 

Saya sih udah nyangka kalo si bapak ini ga akan mau dibayar. Dari tadi saya maju mundur mau beli pisang. "Kalo ngambil satu atau dua biji pasti dikasih. Tapi saya mau beli sekilo," gumam saya dalam hati sambil pergi ke lapak si bapak. Ehh tetep aja gratis.

Lapak pisang ini sebelahan dengan teteh tukang jagung. Kalo si teteh lagi ada dan si bapak pergi Jumatan, kadang saya ngobrol dengan si teteh sekalian ngebantuin kalo ada yang beli di lapak si bapak.

Alhamdulillah rezeki di pasar jumat ini.
Dan tadi ada anak turis yang lewat di depan nyapa saya bikin nyesss hati ini.
"Assalamualaikum," sapa anak turis yang tangannya dituntun oleh ibunya yang cantik dan berhijab. 
"Waalaikumsalam," jawab saya. Kami bertiga saling melemparkan senyum :)

Jarang-jarang ada anak turis menyapa saya seperti ini. Biasanya cuman senyum dan saya dadahin.

Itulah sepenggal cerita Jumat ini. Dan Jumat belum berakhir, semoga cerita menyenangkan akan berlanjut :D

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...