[Terjemahan] Milli Mücadele'de Kınalı Eller




Judul: Milli Mücadele'de Kınalı Eller
Karya: Osman Alagöz
Penerbit: Kaynak Yayınları
Tahun terbit: Februari 2014, Cetakan ke-15


Sayfa 11
İş Başa Düştüğü Zaman

1877'nin Kasımıydı.
Erzurum dağlarını beyaz bir kefen gibi bürümüştü karlar. Kışın soğukluğuna inat, Osmanlı-Rus Savaşı bütün yakıcılıgıyla ve yürekleri dağlayan acısıyla devam ediyordu.

Eli silah tutan Erzurumlu, bir taraftan cephede düşmanla mücadele ediuor bir taraftan da soğuğa karşı direnmeye çalışıyordu.

Kadınlar, cepheye gönderdikleri yiğitleri için dualar ediyordu. Duanın ruhu okşayan ikliminde ölüm, sonsuzluğa kanat çırpmak demekti o yiğitler için.

Cepheye gönderdiği yiğidi için, titreyen kalbinin hassasiyetiyle ümide adanmış dualar eden yeni bir gelin vardı. Daha yirmisindeydi, adı Nene Hatun. Hayata dair ümitleri vardı. Huzurun gölgesinde en has sevgilere bir gelecek hayal ediyordu, ama şimdi savaşın soğukluğu düşmüştü titreyen kalbine ve hayallerinin üstüne.

Üç gün önce cepheden yaralı olarak getirilen ağabeyini kaybetmişti Nene gelin.

Göğsünden aldığı yarayla aşırı kan kaybeden ağabeyi Hasan, önden gidenlerin kervanına katılmış, dinin ve milletin selameti için gözünü kırpmadan ölüme koşanların saflarında o da yerini almıştı.




Halaman 11
Ketika Harus Berjuang

Bulan November 1877.
Salju memutih di pegunungan di Erzurum, seperti ditutupi kain kafan. Tidak mempedulikan dinginnya musim dingin, perang Ottoman-Rusia terus berlanjut.

50 orang bersenjata dari Erzurum, di satu sisi berperang melawan musuh, di sisi lain berusaha melawan rasa dingin.

Para wanita, berdoa untuk para pejuang yang sedang berjuang di medan perang.
Bagi para pejuang, semagat doa yang membelai tersebut bagai mengepakkan sayap menuju keabadian.

Di antara para pejuang itu, ada juga pengantin baru yang mendedikasikan dirinya sepenuh hati. Namanya Nene Hatun, baru berumur 20 tahun. Ia memiliki harapan dalam hidupnya. Ia memimpikan masa depan dengan cinta terbaik dalam bayang-bayang perdamaian, tetapi sekarang hatinya yang bergetar dan mimpi-mimpinya telah jatuh ke dinginnya medan perang.

Tiga hari yang lalu, Nene Hatun kehilangan kakak lelakinya yang terluka di medan perang.

Kakak lelakinya, Hasan, yang kehilangan banyak darah karena luka di dadanya, bergabung dengan kafilah pertama, di barisan orang-orang yang tanpa berkedip berlari menuju "kematian" demi keselamatan agama dan bangsa.


No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...