Bosan

kemaren waktu pulang dari mesjid solat duhur ternyata di toko ada customer lokal suami istri.
Si bapa nyangka saya orang suriah
"Emang dikasih ijin ya?" Tanya si bapa.
"Ijin buat apa?" Jawab saya bertanya ke si bapa.
"Ijin buat buka toko ini," jawab si bapa.
"Ini toko (atas nama) suami saya," ucap saya.
"Saya juga pedagang. Makanya saya nanya. Kalo orang suriah..." kata si bapa.
"eh pa, ben suriyeli değilim, savastan kaçmadım. Ben Endonezyaliyim. Onuç sene buradayim. Dükkan açmak iştiyorsam tabiki izin verirler çunku benim suresiz ikamet iznim var. Yani ben multeci değilim. (saya bukan orang suriah, saya tidak melarikan diri dari perang. Saya orang Indonesia. Udah 13 tahun di sini. Kalo saya mau buka usaha, pasti akan dengan mudah dikasih ijin karena saya punya permanent resident. Jadi saya bukan pengungsi di sini)," jelas saya pada si bapa.
Si bapa agak bengong dengan perkataan saya ini dan dia juga ngomong bla bla bla. Too late pa saya udah bosan disangka orang suriah.

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...