Sekarang Semua Serba Mudah


Informasi apa pun bisa dicari di internet, termasuk info seputar kawin campur. Dan sekarang semakin banyak pelaku kawin campur yang menulis blog dengan tujuan memberi info untuk memudahkan orang lain yang nantinya bernasib sama (kawin campur). Begitu pula dengan pelaku kawin campur di Turki.
Tapi dulu sebelum 2005, blog berbau kawin campur khususnya untuk pasangan Turki belum ada saya rasa. Karena tahun tahun itu saya kekurangan informasi. Untuk mengetahui dokumen yg harus dibawa oleh calon suami dari Turki, saya tanya langsung ke KBRT via email. Alhamdulillah fast respon. Ketika sudah menikah dan membuat visa di KBRT, saya bertemu dengan staff lokal yang pernah bertugas di Turki. Beliau menyarankan saya utk membawa mie instant, takutnya ga cocok dengan makanan Turki. Kan makanan Turki bukan cuma kebab. Tapi saya kelewat pede bakal bisa adaptasi dengan makanan Turki. Jadi saya ga bawa apa apa dari indonesia (baca: makanan dan bumbu). Emang sih saya suka mencoba semua makanan. Tapi kan bosan juga. Indomie masuk ke Turki kalo ga salah tahun 2012. Tapi sayang bapa itu tidak menyarankan untuk membawa rice cooker.
Saat itu saya belum bisa bahasa Turki. Cuman hapal, "nasılsın?" (apa kabar), "iyiyim", (saya baik baik), "teşekkür ederim" (terima kasih), "nerelisin?" (asal darimana). Berbekal buku "Bahasa Turki Sehari hari" hadiah dari teman.
8 April 2005 sore meninggalkan Indonesia, 9 April sore sampai di Istanbul. Berniat terbang ke Antalya tapi tiket sudah habis. Kami pun ke Alanya by bus. Euleuh meuni cangkeul bujur. 14-15 jam gituh di bus. 10 April pagi touch down Alanya.
Sejak hari itu saya di sini. Dan saat itu saya ga punya teman. Di rumah ga punya komputer dan internet. Duhhh seperti di pengasingan saja.
Kalau dilihat waktu sekarang...Wah beda banget. WNI yang mau nikah sama cowo Turki sudah bisa tanya sana sini, info sudah berserakan di internet. Jadi sebelum pergi ke Turki, bisa siapin segalanya.
#Thinkingaboutthepast

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam