(belum) Membeku


Dingin bingit ...
Suami dapat kabar bahwa di kampungnya yg berada di utara alanya sudah bersalju sekitar satu meter. di kampung dan di yayla (dataran tinggi) selalu bersalju tiap musim dingin. Kota alanya udah ga saljuan sejak taun 1979. Tapi selama saya di sini pernah dua kali turun salju. Beberapa menit aja, lumayan ngalamin hujan salju tahun 2008 dan tahun berapa ya lupa.
Pagi tadi di berita juga disebutkan seperti ini
Alanya da bile kar yağdı
(Di alanya juga bersalju)
Ternyata berita itu tidak berdasar pada keadaan salju di kampung tapi...
Ketika saya naik bus menuju toko, dalam bus saya melihat puncak bukit yang ada dekat rumah telah bersalju dan gunung yang di daerah mahmutlar juga bersalju. Pantas saja diberitakan kalau di alanya bersalju.
Air kran sudah seperti es, wudu juga sampe noroktok tuur. Angin bergemuruh membabi buta. Entah di luar apa yang berterbangan. Untungnya tidak ada perkiraan bahwa suhu akan membeku.
Tahun lalu saat winter pernah diperkirakan suhu akan membeku di kala malam. Kami menyiapkan banyak selimut untuk menyelimuti panel solar heater yang dipasang di atap rumah. Menjelang maghrib, adik ipar dan istrinya yang menyelimuti panel panel itu. Jika panel tersebut tidak diselimuti saat suhu beku maka kaca panel akan pecah dan rusak.
Sekarang saja hanya dingin belum mencapai beku, kami tidur sudah berselimut empat rangkap. Kami tidur bertiga. Karena kamar anak lebih dingin, kasian kalo tidur di sana. Masing masing dibungkus satu selimut kayak lemper terus ditumpuk tiga selimut lagi.
Kemarin pulang dari masjid abis maghrib langsung siduru depan elektrik heater di toko, pas lagi ngupas jeruk kaget sendiri lihat kedua jariku berdarah (jari tengah dan ibu jari). Rupanya kulit jariku pecah pecah udah parah. Gini dech kalo kelupaan pake krem. Harusnya tiap abis kontak dengan air langsung dioles krem.
Sekarang suhu masih stabil dingin dan hujan pun belum behenti dari kemaren.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki