yazma (kerudung tradisional turki)

wanita turki klo sehari2 di rumah sudah terbiasa memakai yazma, ada pula yang bepergian pun tetap memakai yazma. meskipun ada wanita turki yang bepergian tidak berkerudung tapi di rumah dia suka memakai yazma.

bisa dibilang yazma adalah kerudung tradisional wanita turki karena hampir semua wanita turki memakai ini. yazma ini lebarnya sama seperti kerudung biasa tapi sangat tipis (bisa dibilang transparan), tapi tidak terlihat transparan karena bermotif macam2.

yazma ini dijual ditoko2 polos pinggirannya (tidak berdantel/tdk ada rajutan pinggir), tapi sekarang sudah ada yang dijual berdantel pinggir tapi buatan mesin. tapi wanita turki sudah terbiasa membeli yang polos pinggirannya lalu mereka rajut sendiri dengan berbagai macam motif.

mereka membeli yazma lalu memberi dantel pinggirannya untuk dipakai sendiri ataupun untuk dihadiahkan kepada seseorang.

seperti yazma2 yang saya punya ini adalah hadiah dari mertua dan kerabat2 disini.

memakai yazma ini tidak bagus menggunakan peniti, jadi hanya ditalikan begitu saja, wanita turki klo di rumah or berkebun memakainya dengan cara ditalikan ke belakang (jadi lehernya kemana2). dulu memang suka saya pakai yazma ini, tapi saya merasa tidak comfortable, jadinya back to basic, memakai kerudung jadi yang saya bawa dari indonesia :D

dijual: yazma dengan dantel buatan pabrik di http://yazma-house.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...