tradisi lebaran di turki

sebagai muslim, tentunya senang donk dengan momen lebaran....baik lebaran idul fitri (ramazan/seker bayram) ataupun lebaran haji/idul adha (kurban bayram) yang mana tradisi tiap negara dalam merayakannya berbeda2. seperti yang akan saya ceritakan adalah tradisi lebaran di negara turki (karena saya sekarang tinggal di turki).

di turki setiap lebaran, baik ramazan/seker bayram or kurban bayram harus selalu ada permen or coklat dan lokum (turkish delight),  dan juga TATLI (sweet) seperti baklava (dibaca baklawa) or kadayif untuk disuguhkan ke para tamu....tidak seperti di indonesia yang mana di tiap rumah penuh dengan bermacam2 kue dan masakan khas lebaran seperti ketupat dan opor ayam. klo di turki makan saat lebaran sama saja seperti makan di hari2 yang lain.

tradisi yang lainnya sama saja yang tua membagikan angpao kepada yang muda (saya pun masih diberi angpao oleh mertua dan juga oleh suami).....dan tradisi untuk anak2, selain mereka sibuk mengumpulkan angpao dari family nya...mereka pun sibuk mengetuk pintu tetangga2nya dengan membawa kantong plastik (kresek) dengan tujuan untuk mengumpulkan permen or coklat...jadi klo ada anak2 tetangga mengetuk rumah kita, kita siapkan permen or coklat untuk dibagikan pada mereka.....(seperti halnya tradisi hallowen)..

begitu kiranya untuk tradisi berlebaran di turki yang mana hal lainnya masih sama seperti di indonesia seperti saling mengunjungi tetangga dan kerabat....dan tentunya pagi hari melaksanakan solat sunat ied.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki