Plis deh be SMART

 Di zaman internet dan media sosial seperti sekarang ini, jika kita memerlukan informasi apapun, dengan mudahnya dapat kita baca. Berbagai informasi berserakan, kita dapat memilih apa yang diperlukan.

Misalnya saja nih, pertama kali akan pergi ke luar negeri, carilah info-info apa saja yang diperlukan untuk pergi keluar negeri. Sudah banyak blogger-blogger yang menuliskan informasi di berbagai platform. Juga vlogger yang mengunggah vidionya di yutub dan ig. Baca dan tonton informasi tersebut sampe khatam.
Misalnya lagi nih, jika ingin datang ke Turki, carilah info-info tentang itu. KBRI Ankara pun sudah banyak membagikan informasi baik itu di FB, IG, dan chanel yutubnya.
Jika datang ke Turki untuk bekerja, bekerjalah secara legal menggunakan visa kerja. Jika pergi melalui agen, carilah agen yang legal, bukannya agen abal-abal.
Sesampainya di Turki, jangan biarkan pemberi kerja (bos) memegang paspormu. Paspormu adalah nyawamu. Paspormu harus dipegang sendiri. JANGAN berikan pada siapapun.
Sekarang ini tidak ada alasan, “Baru pertama kali ke luar negeri, jadi ga tau apa-apa”. Tidak ada alasan untuk menjadi bodoh. Kok begitu?
Karena sekarang ini, hampir semua orang sudah punya smartphone plus internet. Apalagi orang-orang yang pergi ke luar negeri pastinya punya smartphone dong. Jangan cuma dipake buat selfie-selfie doang itu smartphone. Gunakan smartphone dan internet dengan bijak agar kamu menjadi SMART.

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...