Tidak jujur


Hari ini ada dua hanut membawa turis yang sama. Si turis bukannya ngomong kalo tadi udah dibawa ke toko saya oleh yang lain. Pas dibawa oleh hanut kedua, saya bilang ke si hanut bahwa turis ini tadi udah dari sini. Tapi ga beli apa apa. Si hanut nanya ke saya baiknya dibawa ke mana turis ini. Saya sarankan utk dibawa ke toko seberang. Tapi sepertinya si turis ga mau. Trus si hanut juga keliatannya ga mau membawa mereka ke toko pesaing. Si turis pergi sendiri ke arah toko pesaing. Tak lama kemudian lewat toko saya kembali dengan tangan kosong.
Saya cerita ke suami tentang si hanut yg ga mau bawa turis ke toko pesaing. Terus suami bilang gini, "banyak hanut udah pada tau kalo toko pesaing itu ga jujur. Mereka ngasih persenan tidak sesuai penjualan. Apalagi kalo misalnya mereka menjual barang yang murah, mereka ga ngasih persenan sama sekali."
Pernah ada bapak guide yang pandai bahasa rusia membawa rombongannya ke toko itu. Si bapak diam di dalam toko dan menyaksikan sendiri apa yang dijualnya. Jadi si bapak tahu berapa penjualan yang terjadi. Ketika transaksi selesai, si bapak dikasih persenannya kurang. Kata si bapak saat itu penjualannya 2500 berarti si bapak harusnya mendapat 250, tapi tidak demikian yang diterima oleh si bapak.
Ketika si bapak lewat toko saya yang mana saat itu suami saya yang standby, si bapak mampir lalu ngobrol. Si bapak cerita tentang transaksi yang baru terjadi di toko itu. Katanya si bapak ga mau lagi bawa turis ke toko itu. Insyaallah kalo bawa rombongan turis lagi akan dibawa ke toko saya.

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...