Riba Membawamu Bangkrut



Saya mendengar cerita dari customer saya seorang ibu. Ia terpaksa bekerja menjadi tukang bersih-bersih di sebuah sekolah untuk sekedar menyambung hidup. Ia bercerita bahwa suaminya bangkrut dan punya hutang ke bank.

"Dulu hidup kami lumayan berkecukupan. Suami saya punya usaha, bisa ngegaji beberapa pegawe. Suatu hari ada temennya yang ngajak partneran buka usaha rent a car. Dari situlah badluck bermula. Entah ada 'bisikan' dari mana, mereka minjam duit ke bank untuk modalnya," kisahnya.

Modal untuk membuka rent a car tidaklah sedikit. Bayangkan aja, mereka harus membeli beberapa unit mobil (entah mobil mewah atau yang biasa aja).

Ya, memang, usaha rent a car di Alanya cukup menjanjikan. Alanya kota wisata yang selalu dipenuhi turis setiap summer. Tapi, meminjam ke bank untuk modal usaha bukanlah solusi. Apalagi meminjam uang yang sangat banyak, tak terbayang berapa bunga atas pinjaman tersebut.

Usaha rent a car yang dimulai dengan modal pinjaman bank itu akhirnya bangkrut. Si suami sekarang ga tau kerjanya apa. Si istri (customer saya) pun harus bekerja demi menyambung kehidupan keluarganya.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...