[Book Review] Wasiat Osman Gazi



Wasiat Osman Gazi (Sultan pertama dalam kesultanan Ottoman) pada Orhan Gazi (putra mahkota yang menggantikannya ketika Osman Gazi wafat):
"Jangan mengerjakan sesuatu yang bertentangan dengan perintah Allah! Jika tidak tahu syariat, tanyalah pada ulama sehingga mengerti! Jika belum mengerti, jangan mulai mengerjakannya! Semua orang yang mengikutimu, perlakukan dengan baik! Perlakukan para prajurit dengan hati nurani dan prikemanusiaan karena mereka adalah hamba Allah. Janganlah kejam! Warnai dunia ini dengan keadilan dan dengan berjihad untuk Allah akan membahagiakanku! Patuhilah ulama sehingga ditemukan peraturan untuk syariat! Jika mendengar ada seorang ahli lmu, bergurulah padanya! Boleh bangga pada prajurit dan kekayaan tapi jangan menjauh dari ahli syariat. Pekerjaan kita di jalan Allah dan kita bermaksud untuk menyebarkan agama Allah. Bukan untuk menjadi penguasa dunia. Semua ini bermanfaat untukmu. Selalu bermurah hati pada semua orang! Kerjakan pekerjaan negara tanpa kekurangan! Kalian semua kutitipkan pada Allah."
Buku: Osmanlı Sultanları --Denizlerin Hakanı, Karaların Sultanı--
Hal: 17
Cetakan ke-6, Januari 2013
Penulis: Cuneyd Harputlu
#Ottoman
#KesultananOttoman

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...