[Book Review] Nasihat Orhan Gazi



Nasihat Orhan Gazi (sultan kedua dalam kesultanan Ottoman) kepada Murad bey (putra mahkota yang naik tahta sepeninggal beliau):
Nak, jangan membanggakan kesultananmu! Ingat bahwa kesultanan adalah fana, tapi ini merupakan peluang besar. Pergunakanlah kesempatan ini sebaik baiknya untuk berjihad di jalan Allah dan untuk mendapatkan syafaat Nabi kita! Jika engkau melihat dunia dalam ukuran akhirat, engkau akan melihat bahwa tidak layak mengorbankan kebahagiaan yang kekal! Nak! Orang-orang Rumeli tidak akan tinggal diam; kau harus menaklukkannya! Selesaikan penaklukan Rumeli! Siapkan penaklukan Konstantin, cobalah untuk tidak membuat masalah dengan pemimpin daerah di sekitar! Meskipun mereka menginginkan kita tapi kita tidak tahu para pemimpinnya berpihak pada siapa! Mereka akan mengaturnya untuk beberapa waktu, dan akhirnya seperti buah yang sudah matang akan jatuh ke dalam genggaman. Jika di Anatolia tidak ada hambatan, engkau bisa dengan mudah mengatasi Rumeli! Karena itu, cobalah untuk tidak mengganggu "kesunyian" Anatolia! Ayahku, Osman Gazi Han, ibaratnya mendirikan beylik dari segenggam tanah Soğut dan Domaniç. Dengan izin Allah, kami telah merubah beylik menjadi kesultanan. Engkau akan melakukan yang lebih besar dari ini. Memerintah di dua benua tidaklah cukup bagi Ottoman! Karena asma Allah sangatlah agung, dunia tak akan dapat menampungnya. Seperti halnya kami pewaris kesultanan Seljuk dan juga kamilah pewaris Roma! Nak, jangan tinggalkan hukum Al Qur'an! Memerintahlah dengan keadilan! Perhatikan para veteran perang! Hormati mereka yang berjuang untuk agama Allah. Berilah makan orang orang miskin. Jangan ragu untuk menghukum orang orang zalim! Keadilan terburuk adalah manifestasi keadilan yang terlambat! Pada akhirnya, keadilan yang terlambat meskipun benar termasuk kezaliman! Nak, kami sudah sampai di akhir perjalanan, engkau masih berada di permulaan. Semoga Allah memberkati kesultananmu!
Buku: Osmanlı Sultanları --Denizlerin Hakanı, Karaların Sultanı--
Hal: 25-26
Cetakan ke-6, Januari 2013
Penulis: Cuneyd Harputlu

#Ottoman
#KesultananOttoman

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...