Berteriak untuk menjelaskan


Awal datang ke Turki (april 2005), saya tidak ngerti bahasa Turki. Saya hanya bisa "merhaba" (halo), "nasılsın" (apa kabar), "iyiyim" (i am fine), teşekkür ederim" (terima kasih), "evet" (ya), "hayır" (tidak), "tamam" (ok).
Orang Turki punya kebiasaan aneh untuk menerangkan pada orang asing yang tidak ngerti bahasanya. Mereka akan berteriak untuk menjelaskan. Seakan dengan berteriak, si orang asing akan mengerti apa yang dikatakannya. Padahal sama saja, malah bikin budeg telinga aja.
Adik ipar saya bilang gini sewaktu istri pamannya berteriak pada saya, "dia ini ga ngerti bahasa turki, bukannya kurang pendengaran. Jadi teriak juga percuma."

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...