Merajut dan Menyulam


Dua kegiatan berbeda yang sama sama menggunakan jarum dan benang. Namun jarum dan benang yang digunakan berbeda.
Merajut, biasanya menggunakan benang wol. Ada yang memakai satu jarum dan ada juga yang dua jarum. Merajut dengan satu jarum dalam bahasa Inggris disebut crochet. Sedangkan dua jarum disebut knit.
Menyulam bisa menggunakan jarum yang biasa digunakan untuk menjahit. Benangnya tidak menggunakan benang wol. Menyulam sama juga dengan membordir. Dalam bahasa Inggris disebut embroider atau stitch.
Saya mulai mengenal dunia rajut dan sulam ketika duduk di bangku SMP kelas 1. Dalam pelajaran keterampilan, siswa putri diajarkan crochet alias merajut dengan satu jarum dan juga menyulam.
Ketika sudah jadi menantu orang turki dan tinggal di turki, saya melihat sepertinya merajut merupakan hobi nasional ibu ibu turki. Untung saya udah bisa crochet, jadi ga bego bego amat.
Waktu melihat yang merajut dengan dua jarum, saya tertarik untuk bisa. Saat itu saya sedang hamil, hitung hitung membunuh waktu. Saya pun minta diajarkan pada bumer. Alhamdulillah bisa menghasilkan satu karya selagi hamil. Karyanya sekarang dijadikan penutup printer.
Sekarang saya suka bikin rajutan tapi yang lurus lurus saja seperti membuat syal 






No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...