Kali ini di markas PM


4 bulan berlalu sejak April 2011, tepatnya di awal musim gugur 2011, suami menerima telepon dari kantor polisi militer (PM). Mereka meminta saya untuk membantu sebagai penerjemah. Mereka dapat rekomendasi dari kantor polisi yang pernah saya bantu.
Kali ini ada 3 TKI yang tertangkap dan tentunya ada kesulitan bahasa. Suami mengijinkan saya membantu mereka. Kali ini tidak dijemput. Katanya tidak bagus image nya kalo saya dijemput mobil PM, kayak orang jahat. Lebih baik saya diantar pihak keluarga.
Markas PM terletak di daerah konaklı, sekitar 15 km dari pusat kota Alanya. Toko adik ipar yang dijagai olehnya dan bamer terletak di konaklı. Saya dari toko yang di pusat Alanya naik bus ke konaklı. Sampe di toko adik ipar, kemudian diantar ke markas PM oleh bamer menggunakan mobilnya. Meskipun saya mantunya, saya ga boleh duduk di depan. Tapi di belakang, untuk menghindari fitnah. Kecuali keadaan darurat. Seperti pulang mudik koper segede gaban ga muat di bagasi jadi ditaro di kursi belakang dan anak saya masih kecil ga boleh duduk di depan, jadi saat itu saya terpaksa duduk di depan.
Sesampainya di markas PM, saya dipertemukan dengan 3 TKI tersebut. Dan penerjemahan pun dimulai. Kali ini hanya 3 orang yamg saya bantu, tapi memakan waktu lebih lama dari pengalaman terdahulu.
Kami berpindah pindah ke ruang sana ke ruang sini, membuat bamer merasa kasihan pada saya. Bada maghrib baru selesai prosesnya dan tanda tangan berita acara perkara (BAP).
Pengalaman di markas PM ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Saya merasa lelah. Mungkin karena para tentara yang berwajah serius, tak ada senyum sedikit pun. Kami hanya disuguhi teh. Dan mbak mbak TKI ga dikasih makan. Kasian mereka.
Berbeda ketika di kantor polisi waktu itu. Polisinya ramah ramah. Selain teh, kami disuguhi biskuit. Dan mbak TKI diberi makan döner durum. Dan yang penting proses interogasi ga seperti interogasi karena suasananya cair diselingi canda tawa.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...