Konsumen adalah raja


Pepatah ini berlaku juga dalam perdagangan di Turki. Meskipun konsumen kurang ajar dalam menawar, sbg pedagang harus bisa menahan diri.
Suatu hari ada customer lokal yang datang ke toko ingin membeli blus. Terjadi percakapan seperti ini:
cust: blusnya berapa?
saya: 40 lira
cust: kalo beli dua ada diskon ga?
saya: boleh dech jadi 70. ini berarti saya kasih diskon 10
cust: 50 buat 2 blus lah
saya: ðŸ˜¡ðŸ˜¡ðŸ˜¡
Dengan tawaran seperti itu, ingin rasanya saya langsung mengusirnya dengan berkata seperti ini "DEFOLLLLLLLLL" (get out of here). Gitu kasarnya. Tapi pastinya tidak mungkin saya berkata seperti itu. Saya harus bisa menahan diri. Teringat juga pepatah di atas.
Saya berusaha sabar melayaninya tapi senyum sudah tidak mewarnai wajah saya lagi.

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...