[Sharing Grup] Bagaimana saya bisa "terjerumus" di Indscript?



Mulanya saya dicemplungkan ke grup FB IIDN oleh teman blogger di Jerman yaitu mba Irawati. Tidak hanya ke IIDN Interaktif tapi juga IIDN Luar Negeri. Ketika saya gabung, di grup IIDN LN sedang ada proyek menulis untuk buku travel yang akan diterbitkan oleh Elex Media. Saya yang newbie belum ngerti tentang proyek ini. Salah satu anggota di Swedia yaitu Kak Rosdiana menyarankan saya untuk mengikuti proyek tersebut dengan menuliskan wisata turki. Saya pun mengikuti sarannya meskipun belum ngerti untuk bikin outline. Berkat bimbingan koordinator grup yaitu mba Nurul, saat itu langsung membuat outline dan mengirimkannya pada beliau. Alhamdulillah outline di-acc (buku ini nantinya berjudul Best of Turki).

Nah, ketika proses penulisan buku ini, saya mulai mengenal Indscript sebagai agensi naskah. Sejak saat itulah saya menjadi penulis Indscript (tahun 2012). Jadi kurang lebih sudah 5 tahun saya berkarya bersama Indscript. Alhamdulillah sejak gabung dengan Indscript, saya bisa menerbitkan buku solo.

Best of Turki adalah buku pertama yang saya tulis ketika berpredikat sebagai penulis Indscript. Tapi menjadi buku ketiga yang diterbitkan. Kok bisa? Proses penrbitannya lama. Nunggu sampe dua tahun. Tahun 2014 baru diterbitkan.

Dua tahun itu apa yang saya lakukan? Tentunya tidak diam saja dan tidak selalu menanyakan pada Indscript kapan buku saya diterbitkan. Tapi saya nyari proyek menulis lain. Jadi kalau udah berhasil menulis satu buku, menulislah buku yang lain. Tidak hanya diam menunggu buku diterbitkan. Makanya dalam dua tahun menunggu, saya berhasil menulis dua buku solo dan diterbitkan.

saya menikmati profesi menulis ini apalagi sekarang menulis workbook yang mana bikin workbook adalah hobi saya. Sebagai ibu rt, saya rasa inilah bisnis yang tepat. Betul kata teteh kalo penulis adalah profesi yg tepat buat ibu rt.

--Sharing di grup telegram "Happy Jadi FullTime or Working Mom" hari Sabtu 27 Mei 2017--
https://t.me/joinchat/AAAAAEKGVDEZtp73HcZYfQ

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...