[PGA] Mevlana Celaleddin Rumi: Cinta dari Konya untuk Dunia

Rumi, merupakan gambaran manusia sempurna, the deathlessness of the loving soul, gairah sukacita, dalam dimensi artistik keyakinan dan kemanusiaan. Telah memberikan “nilai-nilai kemurnian hati” pada Turki, Iran, dan negara Islam lainnya, serta dunia pada umumnya. Lahir di Afganistan dan menghabiskan 50 tahun hidupnya di Konya (Turki). Rumi meninggal pada tanggal 17 Desember 1273 (dikenal sebagai Şeb-i-Aruz), dan hari iitu dianggap sebagai “wedding night”, malam ketika ia pergi meninggalkan kehidupan dunia dan akhirnya bersatu dalam cinta dengan Ilahi.

Setiap tahun pada tanggal tersebut, Konya menyelenggarakan upacara peringatan bagi Mevlana Rumi yang berlokasi di Mevlana Kültür Merkezi (Mevlana Cultural Center).

Pengaruh Mevlana pada sastra Turki klasik adalah fakta yang tak terbantahkan, tulis seorang cendekiawan Turki modern tentang Rumi. Semenjak di masanya, Rumi telah memberikan pengaruh pada sastra dan masyarakat. Efeknya pada puisi Persia, yang berpuncak pada Jami, dan berlanjut selama abad ke-19 dan ke-20 telah secara alami menjadi luas. Bisa dibayangkan, bagaimanapun, bahwa Rumi mempengaruhi jalannya puisi Turki lebih tegas, lebih langsung, dan lebih terpadu.

Selengkapnya>>

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki