[PGA] Yunus Emre, Penyair Sufi Cinta

Yunus Emre, salah satu tokoh terkenal dalam sejarah literatur Turki. Adalah seorang sufi yang tinggal di jantung Anatolia di akhir abad ke-13 dan awal abad ke-14, yang berarti pada akhir Kesultanan Sel├žuk dan awal Kesultanan Ottoman. Yunus mengarang puisi dan himne tentang supremasi cinta manusia dan ilahi, serta tentang perlunya pemahaman antar bangsa, masyarakat etnis, dan agama.

Yunus emre yang sederhana, lembut, paduan lirik cinta dan kedamaiannya telah mengilhami Turki selama berabad-abad. UNESCO memberikan penghormatan kepadanya dengan menyatakan tahun 1991, sebagai " International Yunus Emre year," yang dirayakan di banyak negara.

Sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan Yunus Emre ini. Tidak ada dokumen yang dapat diandalkan. Apa yang kita ketahui tentang beliau, selain dari apa yang beliau sebutkan di dalam ayat-ayatnya, mungkin juga ditemukan dalam legenda yang telah turun temurun melalui tradisi lisan selama berabad-abad. Yunus mungkin terlahir sebagai petani miskin. Mungkin juga Yunus tidak dapat membaca dan menulis pada awal kehidupannya.

Selengkapnya>>

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki