Trojan War Terjadi di Turki

Kuda Trojan di kota tua Troia
credit foto: Agus Dwi

Jika Anda ingat legenda Perang Trojan, atau bahkan telahmenyaksikan film yang diangkat berdasarkan kisah ini, yaitu Troy yang dibintangi oleh Brad Pitt (2004), Anda pasti ingat mengenai kuda besar yang terbuat dari kayu.

Legenda ini menceritakan sebuah perang yang telah dipersiapkan selama 10 tahun oleh raja Sparta, dengan taktik memberi hadiah kuda kayu pada kota Troy. Di akhir cerita, taktik ini berhasil dan kota Troy pun dapat dihancurkan. Legenda terkenal ini terjadi di kota tua Troia/Troya Provinsi Çanakkale, Turki.

Saat ini di Çanakkale terdapat dua kuda Trojan. Kuda pertama adalah hasil buatan pemerintah setempat (diletakkan di area kota tua Troia) dan yang satu lagi merupakan hadiah dari Warner Bros, dan ini adalah kuda yang dipakai dalam film Troy (kuda ini diletakkan di pusat kota Çanakkale).

Çanakkale merupakan provinsi kedua di wilayah Marmara yang memiliki keunikan, seperti halnya provinsi Istanbul. Secara geografis wilayahnya terbagi di dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Kedua bagian ini dipisahkan oleh Selat Çanakkale/Dardanelles.

Kota tua Troia berada di Çanakkale bagian Asia dan kota ini dapat dikunjungi setiap hari dengan tiket masuk sebesar 20 TL. Di kota tua ini, Anda dapat naik dan masuk ke dalam kuda kayu tersebut. Anda dapat flash back seakan-akan berada di masa perang itu terjadi. Setelah puas flash back, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk melihat puing-puing kota trua Troia yang tersebar dalam wilayah sebesar 13.350 hektare.

Detil cerita tentang kota tua Troia dapat dibaca di buku Best of Turki karya saya (duet dengan Lia Er).



Selamat berwisata!
Summer di Alanya
16 Juni 2015

Dian Akbas

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam