Legenda Surga Tersembunyi di Turki

Jika Anda mendengar kata (negara) Turki disebutkan, pasti yang terbayang adalah Istanbul. Ya, memang Istanbul adalah kota paling populer. Bahkan banyak yang menyangka bahwa Istanbul adalah ibukota negara ini. Ankara sebagai ibukota negaranya kalah tenar oleh Istanbul.

Padahal masih banyak tempat lain yang tak kalah menarik dari Istanbul. Seperti halnya desa kecil bernama Orhaniye yang merupakan bagian dari distrik Marmaris (bagian dari provinsi Muğla). Di desa ini terdapat pantai yang cantik dan unik. Pantai ini bagaikan surga tersembunyi, karena masih banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan pantai ini. Bahkan orang Turki-nya sendiri banyak yang tidak tahu tentang tempat ini. Suami saya pun yang orang Turki tidak mengetahuinya.

Pantai Kızkumu
credit foto: Ayşegül Erzincanoğlu

Sedangkan unikya pantai ini adalah Anda dapat berjalan sampai ke tengah laut tanpa takut tenggelam. Mengapa demikian? Karena di pantai ini terdapat suatu area dangkal memanjang sampai ke tengah laut. Area ini terbentuk dari bentangan pasir berwarna merah, memanjang hingga 600 meter dengan lebar 3 meter.

Menurut salah satu legenda, adalah seorang putri raja dan seorang nelayan yang saling mencintai. Sayang, sang raja tidak menyetujui hubungan mereka. Karena cintanya yang begitu besar, sang putri tetap menemui si nelayan setiap malam secara sembunyi-sembunyi. Seiring waktu, raja pun mengetahui rahasia ini. Suatu malam, raja memerintahkan prajuritnya untuk menjebak dan menangkap si nelayan dengan cara mengikuti putri diam-diam. Prajurit raja memaksa sang putri untuk memberikan isyarat cahayanya pada nelayan, dan saat si nelayan bergerak menuju tempat putri berada, ia sadar bahwa sang putri tidak sendiri. Sang putri pun tidak tinggal diam. Ia melepaskan diri dari prajurit dan berlari untuk menyelamatkan kekasihnya. Setiap sang putri melangkah, air laut di bawahnya berubah menjadi pasir, tetapi saat prajurit berusaha untuk mengejarnya, mereka semua tenggelam. Sang putri pun akhrinya sampai ke perahu dan bersatu dengan kekasihnya. Namun, pada saat yang sama, seorang prajurit berusaha untuk memanah si nelayan, dan menemuka bahwa sang putrilah yang menjadi korban.

Orang-orang di Kızkumu percaya bahwa merah pasir tersebut berasal dari warna darah sang putri. Legenda ini populer di Orhaniye dan diceritakan secara turun menurun.

Semoga suatu saat, Anda pun dapat berwisata ke surga tersembunyi tersebut.

Detil paparan tentang pantai Kızkumu dapat dibaca di buku Best of Turki. Buku panduan wisata Turki karya saya (duet dengan Lia Er.)



Selamat Berwisata
Summer di Alanya
17 Juni 2015

Dian Akbas

Comments

  1. salam kak dian, aku sudah mendapatkan buku mu bersama kak lia er. bukunya bagus banget. sangat membantu. terlebih untuk cuap-cuap bahasa turki, untuk saat ini, bagian itu sangat membantu saya karena sudah dituntut untuk latihan dulu belajar turkce sebelum kesana. keseluruhan isi buku juga sangat membantu bagi pelancong yang baru akan pertama kali mengunjungi turki,BEST OF TURKI memeng THE BEST BANGEEETTT :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih @hermi atas apresiasinya. semoga bermanfaat :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki