Tentang Rokok dan Bayi

Sekarang ini sedang rame tentang foto bayi yang dikasih rokok sama orangtuanya. Kasian bayi itu :( Saya pernah menyaksikan kejadian yang hampir sama. Kejadiannya tahun yang lalu ketika saya kontrol ke Tıp Fakultesi Akdeniz Universitesi Antalya.

Ketika menunggu hasil lab untuk test darah saya yang mana terpotong waktu istirahat siang, maka saya dan suami menunggu di taman rumah sakit. Di sana banyak juga orang yang menunggu di antaranya satu keluarga muda (ibu, ayah dan bayi yang sakit). Ayah dan ibu si bayi perokok. Teman-temannya (yang merupakan pegawe RS) juga perokok. Mereka semua merokok dan si bayi berada di tengah-tengah mereka. Kasian bayi itu :(

Yang kedua, ketika ponakan saya dirawat di rumah sakit karena pneumonia. Dalam ruangan yang sama, ada bayi yang baru lahir langsung terkena bronchitis. Ternyata ibu si bayi itu perokok. Pantas saja, bayinya yang baru lahir terkena bronchitis. Saat itu juga, si ibu selalu mencuri-curi kesempatan untuk merokok di luar. Memang ia tidak merokok di dekat bayinya, tapi bajunya yang mengandung racun rokok dapat dihirup dengan bebas oleh si bayi ketika ia menyusui banyinya :(

Apa sih yang ada di pikiran mereka? Ingin punya anak atau tidak? Sudah punya anak tapi tidak merawatnya dengan baik, malah menyakitinya :(




No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...