[Resensi] Bisnis : Dari Hobi Menjadi Ladang Rejeki


Peresensi: Rosyida Bangun
Judul: Womenpreneur Checklist
Penulis: Dian Akbas
Editor: Herlina P. Dewi
Cetakan: I, Februari 2014
Penerbit: Stilettobook Book
Tebal: 240 halaman
ISBN: 978-602-7572-24-9


Berbicara tentang bisnis bagi sebagian orang adalah berbicara tentang sebuah usaha yang pengerjaannya fleksibel dengan pendapatan yang dapat ditentukan sendiri untungnya, serta kebebasan tanpa harus terikat dengan aturan-aturan yang dibuat oleh atasan atau bos. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi beragam jenis bisnis mulai banyak dirintis oleh beberapa orang maupun perusahaan mulai dari skala internasional sampai bisnis skala rumahan.

Begitu pun bagi sebagian wanita, Menjadi pengusaha wanita atau yang sekarang sedang tren dengan istilah womenprenuer sukses siapa yang tidak ingin? kesuksesan seorang wanita dalam menjalani sebuah bisnis membuat wanita yang lainnya termotivasi untuk mengikuti jejak yang sama. Mengikuti jejak kesuksesan berbisnis orang lain dengan memilih dan menjalankan bisnis yang sama tidak menjamin kita akan mencapai kesuksesan yang sama, perlu dipertimbangkan apakah bisnis tersebut cocok dengan diri dan keadaan kita. Itulah, salah satu pesan yang terdapat pada buku “Womenpreneur Checklist” jangan hanya karena melihat teman sukses berbisnis A maka tanpa berpikir panjang langsung memutuskan berbisnis A. Bisnis yang cocok untuk teman anda belum tentu cocok untuk anda (halaman 12). Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui dan memulai bisnis yang cocok bagi kita? Salah satu jawabannya adalah menemukannya di dalam diri kita yaitu melalui hobi. Tidak sedikit orang yang menggunakan hobi sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang sekedar untuk kesenangan atau ada yang melakukan hobi sebagai kegiatan untuk melepas penat setelah seharian melakukan rutinitas yang padat. Namun, tahukah anda bahwa hobi bisa jadi juga memiliki potensi untuk dijadikan lahan membangun sebuah usaha yang mendatangkan materi. Banyak orang yang memulai bisnis mereka dari sebuah hobi (halaman 22).

Hobi memanglah sesuatu yang dilakukan dengan suka-suka, namun merintis bisnis yang dimulai dari hobi bukan berarti asal suka. Agar dapat berkembang dan bertahan bisnis harus di kerjakan secara profesional, sehingga ada hal-hal yang perlu direncanakan dan dipersiapkan dengan matang.

Buku yang ditulis oleh Dian Akbas ini juga membahas cara-cara merintis bisnis sampai mempertahankan bisnis agar tetap survive. Salah satu hal yang membuat buku ini menyenangkan, penulis memberikan checklist pada tiap-tiap sub pokok bahasan, sehingga tidak hanya teori yang kita dapat, melalui checklist yang dapat kita isi sendiri itu kita bisa mengukur dan menilai diri kita sendiri sejauh mana kemampuan kita untuk merintis usaha saat ini, sudah cukup baikkah untuk memulai bisnis, atau masih harus merencanakan beberapa hal lagi? Yuk, mulai kita isi checklistnya, jangan ketinggalan untuk memiliki buku ini ya

Sumber:
http://rosyidabangun.blogspot.com.tr/2014/07/bisnis-dari-hobi-menjadi-ladang-rejeki_7.html

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam