Bikin SKKB di Alanya - Turki

Untuk persyaratan memperpanjang ikamet (ijin tinggal) harus membuat Adli Sicil Kaydı (Surat Keterangan Kelakuan Baik - SKKB) di pengadilan setempat. Saya pun pergi sendiri ke gedung pengadilan yang terletak di Çevre Yolu. dari pusat kota saya naik bus sampe Çevre Yolu. dari sana bisa naik bus lagi (turun di depan gedung pegadilan) atau bisa juga jalan kaki sejauh kurleb 1 km. karena bus yang lewat sana hanya ada setiap 30 menit sekali maka saya pun memutuskan jalan kaki saja (di bawah terik matahari).

Sesampainya di sana, saya masuk ke gedung dan bertanya pada polisi yang berjaga di pintu masuk. "saya mau membuat SKKB, di mana ya?" tanya saya. "di gedung belakang, keluar dulu lalu ke belakang," jawabnya.

Saya pun keluar dari gedung tapi bingung kemana jalan untuk ke gedung belakang. lalu saya bertanya ke tukang semir sepatu yang mangkal di sana. ia pun menunjukkan jalannya. saya pun menelusuri jalan yang ditunjukkan tersebut dan berhasil menuju gedung belakang. di sana terlihat loket kecil bertuliskan "ADLİ SİCİL KAYDI BUROSU" (Biro SKKB). terdapat dua laki-laki sedang mengantri, saya pun ikut mengantri di belakangnya.

Saya melihat apa yang dilakukan laki-laki yang sedang mengantri tersebut. ketika orang yang di depannya selesai, kemudian orang yg di belakang langsung memberikan KTP pada petugas di dalam sembari mengatakan "untuk bekerja". Ohhh berarti nanti saya langsung kasih ikamet sama petugasnya sambil bilang "untuk ikamet" (karena SKKB ini untuk bikin ikamet).

Bagian saya pun tiba, lalu saya melakukan apa yang tadi saya pikirkan. saya berikan ikamet saya dan berkata "ikamet için" (untuk ikamet). si bapa petugas membuka ikamet saya dan membaca asal negara saya. dan terjadi percakapan singkat di antara kami, sambil si bapa mengetik SKKB nya:
petugas: kamu dari Indonesia?
saya: iya
petugas: sudah berapa lama tinggal di sini?
saya: 9 tahun
petugas: waahhh sudah lama ya. bahasa turkinya bagus, belajar di mana?
saya: di sini :)
petugas: gimana alanya bagus ga?
saya: yaaa gitu dech hehehe
petugas: perjalanan ke indonesia berapa lama pake pesawat?
saya: 13 jam
petugas: wahhhhhh....lama banget...kayak ke amrik aja ya :D

si bapa pun selesai membuatkan SKKB untuk saya dan memeriksa apakah ada kesalahan pengetikan nama.
petugas: ini saya buatkan 3 SKKB nya, walaupun saya ga tanya buat apa ini tujuannya :D eh iya ini untuk apa ya?
saya: untuk ikamet
(eeehhh si bapa teh kumaha tadi pan saya udah bilang hehe)

SKKB pun diberikan pada saya. ketika saya menanyakan apakah ada biaya yang harus dibayar, si bapa pun menjawab "gratis". maklum di indonesia apa-apa harus bayar, jadinya di sini pun kebiasaan nanyain harga :D

saya ucapkan terima kasih sambil meninggalkan loket. sebelum pergi dari sana, saya periksa juga SKKB nya karena siapa tau ada kesalahan ngetik nama. Alhamdulillah semuanya benar dan saya pun meninggalkan gedung pengadilan.



Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki