yangın havuzu

Sewaktu pulang dari piknik musim panas tahun 2009 yang lalu, di perjalanan di daerah hutan melihat tanda penunjuk arah dengan bertuliskan “yangın havuzu” (yangın = kebakaran, havuz = kolam).


Ketika melewati tanda tersebut adik ipar dan bapak mertua langsung bercakap-cakap mengenai kolam tersebut. Yang saya tangkap dari percakapan mereka adalah bahwa kolam tersebut berfungsi sebagai hydrant. Karena di tengah-tengah hutan biasanya tidak terdapat hydrant maka jika terjadi kebakaran hutan untuk mempercepat pemadaman api dapat langsung mengambil air dari kolam tersebut.

Sesampainya di rumah saya langsung searching mengenai yangın havuzu di internet. Yangın havuzu disebut juga yangın söndürme havuzu (söndürme = memadamkam) yang dapat diartikan “kolam untuk pemadaman kebakaran”. Tertulis di beberapa berita kota Alanya menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2009 di Alanya dibangun 8 yangın havuzu di beberapa hutan, yaitu di daerah Oba dan Güzelbağ masing-masing 1 kolam, daerah Demirtaş 4 kolam, dan di dua desa di bawah pemerintah kota Alanya masing-masing 1 kolam.


Bentuknya ada yang lingkaran ada pula yang persegi empat. Luas dan kedalamannya pun berbeda-beda yang mana kolam tersebut dapat menampung ratusan bahkan ribuan ton air. Sumber air berasal dari mata air yang mengalir ke arah kolam tersebut dan juga dari air hujan ketika musim dingin (penghujan).


Dengan adanya yangın havuzu di hutan-hutan maka akan memudahkan pemadaman jika terjadi kebakaran di hutan tersebut. Jika terjadi kebakaran maka helikopter akan dengan mudah mengambil air dari yangın havuzu yang terdapat di hutan tersebut, yang mana sebelumnya jika terjadi kebakaran hutan helikopter akan mengambil air dari laut terdekat yang letaknya lumayan jauh dari hutan. Oleh karena itu dengan adanya yangın havuzu kebakaran akan cepat dipadamkan sebelum menyebar luas ke tempat lain.


Pembangunan yangın havuzu di hutan-hutan di berbagai provinsi di Turki semakin banyak (meningkat setiap tahun). Karena setiap musim panas sering terjadi kebakaran hutan. Cuaca musim panas yang sangat panas dan kering yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan, maka dengan adanya yangın havuzu akan dengan cepat dilakukan pemadaman jika terjadi kebakaran hutan pada musim panas.


Alanya, 7 Maret 2010

-Dian Akbas-

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam