Festival Pariwisata dan Seni Alanya ke-9

Minggu sore (31 Mei 2009), saya, suami, dan anak mengunjungi Festival Pariwisata dan Seni Alanya ke-9 yang berlokasi di daerah pelabuhan Alanya. Festival ini merupakan acara tahunan yang mana tahun ini digelar selama empat hari, dimulai pada tanggal 30 Mei hingga 2 juni.

Pada festival ini terdapat bazzar dan pagelaran pentas seni. Pada bazzar terdapat stan pariwisata yaitu stan dari berbagai daerah yang menunjukkan keunikannya, stan kerajinan tangan seperti kerajinan tangan su kabak, stan penjualan makanan Turki, dan stan-stan yang mendukung dunia pariwisata dan seni. Serta pada festival ini pun terdapat pameran foto-foto Alanya tempo dulu. Pada acara pagelaran kesenian, menampilkan tarian-tarian tradisional yang dibawakan oleh anak-anak dan bahkan menampilkan penari anak-anak dan tarian dari negeri tetangga yang mana pada hari kedua ini menampilkan tarian dari negara Georgia (salah satu negara pecahan dari Uni Soviet). Karena anak saya menyukai pakaian yang mereka kenakan, saya pun meminta berfoto dengan mereka. Sewaktu suami meminta ijin untuk berfoto dengan mereka menggunakan bahasa Turki, mereka mengijinkan. Entah mereka mengerti bahasa Turki atau tidak tapi ketika sudah berfoto kami mengucapkan terima kasih dengan bahasa Turki ternyata mereka menjawab dengan bahasa lain (bukan bahasa Inggris) yang mana kami pun tidak mengerti. Tapi itulah indahnya seni, meskipun berbeda bahasa tetapi dapat bersatu dalam seni.

Perihal pelaksanaan festival ini sudah saya ketahui jauh-jauh hari dari poster pengumuman yang dipajang di sekitar kota. Saya dan suami pun sudah merencanakan untuk mengunjunginya karena memang setiap tahun kami selalu menyempatkan untuk datang ke festival ini.

Ketika minggu siang saya mengecek handphone ternyata ada pesan masuk yang berisi seperti in: Alanya Turizm ve Sanat senligi kapsamında bugun saat 21 de Kızıl Kule tarasında grup Tango Del Sol'un Astor Piazzola konseri ve Uc dans, muzik dinletisi saat 22 de Belediye sarayı arkasında Volkan Konak konser verecektir. Tum halkımız davetlidir (Minggu, 31 Mei 2009)

Itulah pesan yang saya terima yang artinya: dalam rangka Festival Pariwisata dan Seni Alanya, hari ini pukul 21.00 di Red Tower akan digelar konser dari grup Tango Del sol dan pada pukul 22.00 di belakang Kotamadya akan digelar konser dari grup Volkan Konak, pihak penyelenggara mengundang seluruh warga untuk menghadiri acara tersebut.

Sayang acaranya malam hari, jika acaranya sore hari mungkin kami pun dapat menyaksikannya. Kunjungan kami di festival pun tidak bisa lama-lama karena suami harus kembali mengurus tokonya, yang mana tokonya bertempat di daerah pusat kota. Pokoknya setiap tahun acara ini digelar, asal sudah mengunjungi walaupun sebentar tidak apa-apa jadinya tidak penasaran.

Pertama kali saya mengunjungi Festival Pariwisata dan Seni Alanya adalah pada tahun 2005, ketika saya baru datang ke alanya. Saat itu di area festival dibangun Red Tower dari buah portakal (jeruk sunkis) tapi tahun ini tidak dibuat lagi seperti itu karena setiap tahun dekorasinya berbeda-beda. Seperti halnya tahun ini terdapat dekorasi mobil yang dihiasi dengan berbagai sayuran dan buah-buahan dan juga dekorasi lainnya.

Alanya adalah kota wisata yang mana saat musim semi (Maret-Mei) dan musim panas (Juni-Agustus) selalu penuh dikunjungi oleh turis-turis, baik itu turis domestik maupun mancanegara (meskipun pada saat musim gugur (September-November) dan musim dingin (Desember-Februari) turis masih ada yang datang tapi tidak sebanyak musim semi dan musim panas). Jadi sudah sepantasnya acara festival seperti ini selalu digelar setiap tahun agar dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan datang ke Alanya.

****
dimuat di web tribun jabar kolom mancanegara (www.tribunjabar.co.id), dan tribun jabar edisi cetak hari minggu 5 juli 2009.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam