uang turki kembali ke TL

TL yang baru

Seperti kita ketahui bahwa mata uang negara Turki adalah lira, untuk mengaskan bahwa Lira tersebut adalah mata uang Turki maka disebut Lira Turki atau dalam bahasa Turki adalah Türk Lirası (TL).

Lira Turki mengalami beberapa kali perubahan yang mana akhirnya kembali lagi menjadi TL. Semula Lira Turki dikenal dengan jumlah nol nya yang banyak yang mana pecahan terkecil untuk uang kertas adalah 1 juta. Jika membawa uang tersebut beberapa lembar saja seakan-akan membawa uang berjuta-juta tetapi sebenarnya uang itu harganya tidak sebanyak nol nya melainkan tidak berharga dibanding dengan mata uang Dolar Amerika atau Euro.

Karena inflasi kronis yang dialami Turki pada sekitar tahun 70-an hingga tahun 90-an mengakibatkan uang lira sangat tidak berharga. Dengan pengalaman uang lira yang seperti itu yang mana jika dikonversikan pada Dolar Amerika atau Euro maka nilainya sangat kecil sehingga karena hal itu mengantarkan Lira Turki pada rekor the Guiness Book of Record sebagai “the world's least valuable currency “ pada tahun 1995 dan 1996 dan juga pada tahun 1999 sampai tahun 2004.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada akhir Desember 2003 parlemen Turki mengeluarkan kebijakan untuk menghilang enam digit nol pada uang lira tersebut dan membuat mata uang baru yaitu YTL (yeni türk lirası, yeni dalam bahasa turki berarti baru), yang mana 1 YTL = 1juta TL. Mata uang baru tersebut resmi dikeluarkan pada 1 januari 2005. Meskipun YTL disebutkan sebagai mata uang baru tapi sebetulnya mata uang Turki adalah lira (TL), karena kebijakan yang menghilangkan enam digit nol tersebut maka seakan-akan menjadi uang baru tanpa nol yang banyak dan ditambahkan Y didepan TL.

Untuk mengembalikan TL tersebut, pemerintah Turki pun telah merencanakannya dan direalisasikan pada 1 Januari 2009. untuk masa transisi 1 Januari 2005 hingga 31 Desember 2008 maka uang Turki disebut dengan YTL.

Akhirnya pada 1 januari 2009, uang YTL mulai ditarik dari peredaran secara bertahap dan dikeluarkan TL kembali dengan format seperti YTL yaitu tanpa nol yang banyak. Uang TL yang baru mengeluarkan pecahan uang kertas sebagai berikut: 5, 10, 20, 50, 100, dan 200 (pada lira yang lama tidak ada pecahan uang kertas 200 tetapi ada pecahan uang kertas 1 YTL), dan uang koin sama seperti lira terdahulu yaitu: 1 TL, dan 1, 5, 10, 25, 50 kuruş.

Ukuran uang kertasnya lebih kecil dari lira terdahulu, desain dan gambarnya juga berbeda, yang mana bisa dibilang ukuran dan design TL yang baru ini mirip dengan uang euro. Sedangkan untuk uang koin ukurannya tidak ada perbedaan hanya saja pada design gambarnya ada sedikit perbedaan.

Gambar uang kertas lira yang lama (YTL) pada bagian depan menapilkan wajah mustafa kemal ataturk dan pada bagian belakang 1, 5, 20, 50, 100 YTL menampilkan gambar tempat-tempat bersejarah yang ada di Turki dan pada 10 YTL menampilkan gambar peta dunia yang digambar oleh Piri Reis, sedangkan pada lira yang baru ini (TL) bagian depan sama seperti lira yang lama dan bagian belakang menampilkan gambar tokoh-tokoh bersejarah di turki. Pada uang koin bagian muka sama seperti koin terdahulu yang menampilkan wajah mustafa kemal ataturk hanya saja pada lira terdahulu menampilkan wajah tampak muka sedangkan pada koin yang baru ini ditampilkan tampak samping. Dan bagian belakang koin selain bertuliskan besarnya pecahan uang koin tersebut ditambahkan pula gambar lain pada backgroundnya.

Uang YTL masih dapat digunakan atau dibelanjakan hingga 31 Desember 2009 dengan kata lain penarikan bertahap uang YTL dari peredaran akan berakhir pada tanggal tersebut, jika ingin segera mempunyai uang TL yang baru maka dapat menukarkan YTL ke bank-bank terdekat.


*** dimuat di web tribun jabar (http://tribunjabar.co.id) kolom mancanegara dan di edisi cetaknya hari minggu, 22 maret 2009 ***

Comments

  1. wah berarti kembali jadi jutawab dong mba.....makanya pas saya beli mereka kok bilangnya 1 milyun

    ReplyDelete
  2. halah aku baru tahu lo kalo ytl udah ganti lagi bagus deh jadi ngak bosen lihatin wajah kemal attaturk melulu hehe,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam