tungku soba mulai dinyalakan

tulisan ini dimuat di web tribun jabar (http://tribunjabar.co.id) kolom community - mancanegara, dan di edisi cetak minggu 14 desember 2008

------------------------------------------------------------------------------------

Tungku Soba Mulai Dinyalakan
dian akbas


UDARA dingin musim dingin semakin dingin dan semakin menusuk kulit. Daun-daun di pepohonan yang mengering lambat laun berguguran tertiup angin kencang dan pepohonan pun menjadi kesepian dan kedinginan ditinggalkan daun-daun.  Dengan udara bulan Desember yang semakin dingin seperti ini, penduduk Alanya pun tak kuasa lagi bertahan dari udara dingin tanpa pemanas ruangan di rumahnya. Cerobong asap setiap rumah di bukit pinggiran kota Alanya tempat saya tinggal mulai mengeluarkan asapnya pertanda tungku soba mulai dipasang untuk memberi kehangatan di rumah-rumah. Ketika membuka pintu atau jendela rumah, akan tercium semilir bau asap yang keluar dari cerobong asap rumah tetangga, asap hasil dari pembakaran tungku soba.

Tungku soba (cast iron stove) adalah perapian terbuat dari metal yang berbahan bakar kayu bakar yang dapat dibereskan atau dipindahkan tempatnya jika sudah tidak digunakan. Jika musim dingin tiba tungku soba dipasang untuk menghangatkan ruangan dan ketika musim dingin berakhir tungku soba pun dibereskan dan dapat disimpan di gudang atau di tempat lain. Terdapat dua model tungku soba yang tersedia di toko-toko di Alanya, yaitu:

1. Model kecil yaitu tungku yang ramping dengan bagian bawah untuk menyalakan kayu bakar dan bagian atasnya dapat berfungsi sebagai kompor

2. Model besar yaitu tungku lebar seperti lemari, misalnya bagian kiri sebagai tungku untuk menyalakan kayu bakar dan bagian kanan dapat berfungsi sebagai oven  dan bagian atasnya dapat berfungsi sebagai kompor.



Tidak semua rumah di Alanya memasang tungku soba tetapi ada pula yang memasang soba elektrik yaitu pemanas ruangan bertenaga listrik. Hanya saja jika memasang soba elektrik kita harus bersiap-siap uang ekstra untuk membayar tagihan listrik yang akan melonjak pada akhir bulan.

Biasanya tungku soba dipasang di ruangan yang sering dipakai, misalnya di ruang tv atau di ruang tamu. Bahkan ada pula yang memasang dua tungku soba, satu tungku dipasang di tempat yang sering dipakai dan satu lagi di kamar mandi agar ketika mandi tidak terasa dingin. Dan biasanya tidak memasang tungku soba di kamar tidur karena jika tidur pun tungku soba harus dimatikan karena jika kita tidur dan tungku soba tetap menyala dapat berbahaya.

Sudah banyak terjadi kasus kematian yang diakibatkan oleh tungku soba yang tetap menyala di kala tidur, hal itu disebabkan karena keracunan zat karbon monoksida yang keluar dari soba. Oleh karena itu jika kita tidur tungku soba harus dimatikan.

Untuk membuat tungku soba dapat menyala maka harus disiapkan kayu bakar kering. Penduduk setempat biasanya sudah siapkan kayu bakar sejak jauh-jauh hari. Atau selain kayu bakar dapat pula menggunakan serbuk gergaji. Biasanya penduduk setempat pun banyak yang menyiapkan berkarung-karung serbuk gergaji untuk bahan bakar tungku sobanya.

Dengan dipasangnya tungku soba atau pun soba elektrik di dalam rumah membuat suhu dingin pun tidak terasa melainkan kehangatanlah yang menyebar di dalam rumah. Sehingga musim dingin pun dapat terlewati tanpa kedinginan. (*)

Salam hangat dari alanya
06.12.08
-----------------------------------



Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam