[story] mistery ganesha 15

setelah lulus kuliah saya dapat kerja di KM HaKI ITB, semula kantornya di gd PPAU ITB yang berhadapan dengan perpustakaan ungu ITB.....kemudian kantor kami dipindah ke gedung di jalan ganesa 15 (semula LPPM ITB disana, kemudian LPPM pindah ke gd rektorat ITB di jl tamansari). gedungnya lumayan besar...dan ada kebun juga di bagian belakang, yang disana ada pohon bambu...awal pindahan hanya HaKI yang berkantor disana, yang menempati seluruh ruangan di sayap kiri...sedangkan ruangan2 di sayap kanan semuanya kosong.

kemudian datang promosi ipteks ITB menempati bagian depan sayap kanan tersebut....lama kelamaan semua ruangan di gd itupun terisi oleh kantor2 yang lain.

sebetulnya di area ini terdapat 1 gedung dengan 2 gerbang pintu masuk....gerbang yang satu adalah gerbang ke tempat kerjaku yaitu ganesa 15, dan gerbang yang lain gerbang ke PPT ITb (dulu), yang sekarang menjadi salah satu kantor LAPI ITB.....yang mana gerbang itu diberi nomor ganesa 17....tapi tetap dibelakang masih disatukan oleh kebun.

cerita punya cerita katanya gedung ini menyimpan misteri....miman office boy pomosi ipteks sering menemukan or bertemu dengan hal2 aneh.....cerita pertama yang saya dengar adalah seperti ini....ruangan miman dan pa edi (office boy KM HaKI) tempatnya di dekat dapur, yang mana terdapat jendela ke arah tempat penyimpanan barang bekas dan lemari2 arsip....dan disana pula biasanya agus (pegawe LPPM) memarkir motornya......suatu ketika mungkin miman sedang melamun jadi pikirannya kosong, secara tidak sengaja dia melihat ke arah jendela dan di sudut jendela tersebut ada orang or makhluk halus (tidak tau pasti) yang sedang memperhatikannya dengan wajah pucat dan mata sinis....miman bilang orangnya mirip agus.....hari itu memang saya lihat agus di luar tapi bukan saat kejadian...

cerita kedua masih miman yang mengalami.....hari jumat miman minta ijin sama saya klo hari sabtu mau tarik kabel internet (karena katalis internet untuk gd ganesa 15 tempatnya di kantor saya)....saya bilang boleh saja kebetulan saya hari sabtu mu kemari karena ada kerjaan yang harus diselesaikan (sabtu adalah hari libur). sabtu pagi saya sudah datang dan miman pun begitu....kemudian miman bilang..."teh dian saya tarik kabel sekarang yah".....boleh saya jawab....kemudian miman cepat2 menuju atap gedung (bahasa sundanya para). tetapi tidak lama kemudian miman datang lagi dengan wajah pucat pasi dan bilang sama saya klo tidak jadi narik kabel hari ini...saya tanya "kenapa man ga jadi" dia bilang enggak teh engga hari ini (dengan wajah yang ketakutan), kemudian miman pergi ke kantornya...yang mana disana pun ada ibu budi bossnya miman....mungkin ibu budi membujuknya klo disana tidak ada apa2...lalu mimanpun pergi kembali ke atap..dan selesai dech narik kabel hari itu...kemudian diceritakannya kejadian yang tadi sama saya..begini katanya.....sewaktu pertama miman ke atap, ternyata disana ada sesuatu gundukan yang ditutupi tikar...sesuatu itu mirip tubuh manusia..dan tiba2 ada kucing yang meloncati gundukan itu...karena miman takut lalu miman turun...dan kedua kalinya miman ke atap lagi...ternyata gundukan itu sudah tidak ada.....

cerita ketiga....seperti saya tulis di atas klo di kebun belakang ada pohon bambu.....nah miman kan klo di ktr suka sampe larut malam...dia tuh lihat ada wanita bergaun putih dan berambut panjang sedang berada di pohon bambu...lalu berjalan menuju ke arah kantor saya dan menghilang di dekat toilet....

karena kantor saya ini berada di bawah LPPM jadi saya suka bolak balik ke LPPM..ketika saya ke LPPM...disana orang2 LPPM menceritakan ttg gedung tersebut.....yang konon katanya gedung itu dulunya bekas rumah sakit....dan toilet yang dipergunakan oleh kantor saya itu bekas kamar mayat...walahhhhh mendenar itu nyali saya menciut...karena saya suka kerja sampe tengah malam bersama ani (rekan kerja saya).

kejadian2 aneh di ganesa 15 banyak terjadi di sayap kanan.....seingat saya hanya sekali kejadian aneh terjadi di kantor saya (sayap kiri)....saat itu tepatnya bulan ramazan.... di kantor hanya ada saya...ani...dan pa edi, yang mana pa edi ruangannya di dekat dapur...jadi di front office hanya ada saya dan ani...meja kerja kami saling membelakangi...ketika kami sedang asik dengan komputernya masing2...tiba2 terdengar ada yang mengetuk2 esi....saya langsung menengok ke arah ani, saya pikir ani mengetuk2 partisi ruangan...dan ani pun menengok ke arah saya dengan asumsi demikian....kami berdua saling bertanya....tadi memang seperti ada yang mengetuk2 besi....sedang besi itu terdapat di pintu belakang yang berterali besi...(pintu itu letaknya dekat toilet)...wah kami pun ketakutan saat itu tapi mencoba untuk tetap tenang...

cerita lain ibu budi yang mengalami.....saat itu hari hujan deras....saya di kantor dengan ani, di promosi iptek ada ibu budi dan big boss...tiba2 terdengar suara ibu budi menjerit dari ruang tamu g15....saya yang sedang di kantor langsung keluar menuju ruang tamu "ada apa?" tanya saya, big boss bilang "tolong temani ibu budi ke ruangannya"....ya sudah saya pun temani bu budi ke ruangannya, ketika di ruangan ibu budi menceritakan, (yang mana jika akan ke ruangan bu budi, kita harus melewati koridor)...ceritanya begini...sewaktu big boss mau keluar kantor, ibu budi mengantar dari belakang tanpa bersuara dan big boss ga tau kalo diikuti oleh bu budi, ketika di koridor big boss nengok ke belakang...kok big boss terlihat kaget melihat bu budi ada di belakangnya, lalu big boss nanya ke ibu budi "bu budi udah lama di belakang saya?" ibu budi "iya, dari sejak bapak keluar ruangan" lalu big boss bilang "lho kok barusan saya dengar laki2 mengobrol di belakang saya" (yang mana di koridor hanya ada bu budi dan big boss) kontan mendengar big boss bilang begitu bu budi pun menjerit di ruang tamu...dan saya pun mendengar cerita bu budi langsung ngacir kembali ke kantor....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

seiring dengan berjalannya waktu...kebijakan2 di ITB pun berubah...promosi ipteks di bubarkan...dan semua kantor yang menepati sayap kanan gedung harus pindah....kemudian pusat inkubator bisnis (sekarang menjadi IIB) datang menempati seluruh ruangan di sayap kanan.....dan miman tetap bekerja menjadi pegawe PIB......kemudian pihak PIB mengadakan selametan di gd itu....setelah selametan itu...saya tidak pernah mendengar lagi cerita2 misteri disana...



pics by annie

No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...