Turis Kere yang Belagu


Tadi, hanut bawa turis ke sini. sepertinya orang asia selatan yang tinggal di uk. seperti biasa saya layani. si turis nanya harga, saya kasih harga sesuai price tag. si turis merasa harganya kemahalan.  

"cari harga berapa?" tanya saya. 

suami istri turis mendiskusikan harga yg dicari dengan suara rendah.  

"200," katanya. 

kemudian saya tunjukkan dress seharga itu. 

terus si turis mengoceh bahwa produk-produk di toko saya ini semua made in china. 

"longdress ini harganya 150 lira," katanya sambil menunjuk longdress hitam yang digantung.

Ga mungkin mendapatkan harga segitu untuk longdress yang ditunjuknya. karena di alanya, harga segitu hanya dapat selembar blus.

Saya cuma bilang ke dia bahwa semua produk di toko saya made in turki dari istanbul. Tapi si suami keukeuh dengan pendapatnya. 

"ini bukan pertama kali saya di alanya," kata si suami. 

entah emang benar bahwa ini bukan pertama kalinya datang ke alanya atau tidak. mungkin dipikirnya saya mau menipu harga karena dia turis. 

Tapi, kalo memang ini bukan pertama kalinya di Alanya, berarti dia bisa merasakan kenaikan harga yang terjadi di Turki. Dia akan mengerti inflasi Turki yang sudah melebihi 60%. Bahkan di salah satu portal berita diberitakan bahwa inflasi turki sudah melebihi 150%. 

"saya sudah 17 tahun di sini," ucap saya.  

"Saya tahu kok harga-harganya. Saya sudah selesai belanja semuanya. Tadi karena orang itu (hanut) bilang harga baju di sini murah, jadi kami pun dibawa ke sini." katanya songong. 

Mendengar omongannya ini pertanda dia emang ga akan belanja kan. Ya sudah saya pun pamit pergi solat. 

"OK kalo begitu. saya mau solat dulu. bye." ucap saya sambil mengambil mukena dan pergi keluar. 

Baru kali ini saya melayani turis songong begini. Daripada emosi mendengar omongannya dan malas juga untuk berdebat dengan orang sok tahu model begini, mendingan saya pergi saja. Lagian di toko juga ada anak saya. kalopun si turis tetap di toko, ada anak saya yang bisa melayani.


No comments:

Post a Comment

Belajar Bahasa Turki Online

  Bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Turki,  ini ada kursus singkat sebulan saja. per batch hanya 10 orang. Investasinya murah aja k...