Hanger (gantungan baju)

 

Dua hari lalu, ada emak turki yg datang ke toko buat minta hanger.
"tuh, ambil aja di depan," pinta saya.
suka ada yg minta hanger dan saya suruh aja ambil sendiri. siapa yg suka minta? seperti tetangga sebelah, ada juga mahasiswa turki, santri indo. intinya bukan pemilik butik (toko baju).
di toko saya banyak hanger ga kepake karena turis-turis yg belanja di sini ga mau dikasih hanger. orang lokal ada yg mau ada yg engga. sedangkan hanger yg ada di toko kami tuh free dari produsen baju (setiap hanger ada merek bajunya). jadi ketika kami beli dress, tunik, rok, dan abaya, selalu dikasih hangernya (toko-toko lain juga begitu, dikasih free hanger oleh para produsennya). kami pun kasihin hanger-hanger itu ke customer kami yg membutuhkan. tapi banyak yg ga mau dikasih hanger juga termasuk para turis. jadinya banyak sisa hanger. makanya kalo ada yang minta, ya dikasih aja. terserah mau ngambil berapa. tapi paling juga max 10 biji.
kita balik ke emak turki yg minta hanger 2 hari lalu. dia ngambil hanger banyak banget. saya ga curiga kalo dia punya butik.
"ini saya ambil segini ya. ada plastik ga?" ucap si emak turki.
"iya gpp. tapi ga ada plastik," ucap saya.
pergilah si emak sambil berterima kasih dan bilang, "itu sisanya nanti saya minta juga ya."
trus saya liat kerdus hanger di luar. cuma sisa beberapa biji saja.
saya pikir mungkin ni emak punya baju banyak banget di rumahnya.
udah deh biarin aja. saya ga cerita ttg ini ke suami.
eh pas semalem suami cerita
"tadi ada bapak2 yg minta hanger. dia pemilik butik baru katanya. tapi ga saya kasih soalnya udah tinggal dikit lagi hangernya. ntar kalo kita butuh gimana?"
"kemaren ada emak2 ngambil hanger banyak banget." ucap saya.
"iya mungkin mereka suami istri. si bapak ini jg bilang kalo abla (saya) di toko ini ngasih," kata suami.
"ya, mana tau kalo si emak itu pemilik butik baru," ucap saya ga habis pikir.
duhhh si emak itu ternyata pemilik butik. kok ga malu ya minta-minta hanger ke toko lain.


No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...