FENOMENA LELAKI TURKI (PART 2)


Minggu lalu, KBRI mengadakan webinar di zoom tentang seluk beluk pernikahan di Turki. Saya ga sempat mengikuti webinarnya, tapi saya nonton rekamannya di youtube chanel KBRI.
Webinar ini diikuti tidak hanya wni yang berada di Turki, melainkan ada beberapa calon gelin. Iya, ada beberapa penanya yang mengaku bahwa mereka akan melangsungkan pernikahan dengan lelaki turki. Ada yang menarik perhatian saya dari pertanyaan salah satu calon gelin.
Pertanyaannya seperti ini kurang lebih: Apakah boleh rekening koran calon suami bukan yang 3 bulan terakhir, tetapi bulan-bulan sebelumnya?
Apa maksud pertanyaan ini? Begini, untuk menikah di turki diperlukan surat pengantar dari KBRI. nah, syarat untuk membuat surat pengantar ini salah satunya adalah harus ada slip gaji calon suami atau jika suami freelancer maka bisa memakai rekening koran 3 bulan terakhir. Kenapa KBRI memberi syarat seperti ini? Sebetulnya ini untuk kebaikan si calon gelin sendiri. Dengan menunjukkan rekening koran 3 bulan terakhir menandakan bahwa si calon punya uang untuk membiayai istrinya nanti. Untuk bayar ikamet dan biaya-biaya lainya yang akan muncul nantinya.
Eh, si calon gelin malah bertanya seperti itu. KBRI berniat melindungi warganya, tapi si warga malah seperti tidak peduli dengan dirinya sendiri.
Kalau menunjukkan rekening koran bulan-bulan sebelumnya untuk apa? Iya saat itu dia punya uang. tapi sekarang rekening korannya zonk untuk apa? Setelah menikah, si gelin harus bikin ikamet. uang dari mana? apakah pake uang si gelin sendiri? jangan-jangan datang ke turki pun beli tiket dengan uang sendiri.
Aduhhh plis deh, jangan dimurahkan seperti itu harga dirimu. Pakailah akal dan pikiranmu, jangan mengutamakan kebucinan. Kalau dia sedang tidak punya kerjaan dan tidak ada uang sekarang ini, undurlah sampai dia punya uang dulu. Kalau memang jodoh, sampai kapan pun dia akan tetap jadi jodohmu dan menikah denganmu.

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...