Osmanlı Padişahlarının Hayat Hikayeleri 2

Banyak intrik terjadi dalam kehidupan istana. Terutama perkara kekuasaan.
Intrik intrik yang dilakukan untuk menjatuhkan sultan yang sedang berkuasa, digantikan dengan sultan yang diinginkan.
Hal seperti ini pernah terjadi salah satunya pada masa kesultanan II. Genç Sultan Osman. Beliau menggantikan I. Sultan Mustafa. Setelah I. Sultan Ahmed wafat, putra mahkotanya tidak ada yang dapat menggantikannya karena dianggap masih sangat muda. Maka beliau digantikan oleh adiknya I. Sultan Mustafa. Namun, ternyata Sultan Mustafa tidak mempunyai akal yang sehat alias gila. Kurang lebih 3 bulan bertahta, Sultan Mustafa digantikan oleh putra mahkota yang tertua yaitu Genç Osman. Genç saat itu berusia 13 tahun. Usia yang hampir sama ketika ayahnya naik tahta. Ketika berkuasa, Genç sepertinya ketakutan jika adiknya akan merebut kekuasaan. Maka adiknya (Mehmed) disingkirkan alias dibunuh (176 & 222).
Keputusan menjadikan Genç Osman sebagai Sultan banyak yang menentang, yaitu para pendukung Sultan Mustafa termasuk Ibundanya Sultan Mustafa. Padahal Sultan Mustafa sendiri tidak memikirkan apakah ia menjadi penguasa atau tidak.
Para pendukung Sultan Mustafa dengan segala upaya dilakukan untuk menjatuhkan Genç Osman. Pada akhirnya Genç Osman jatuh syahid dibunuh oleh beberapa orang pendukung Sultan Mustafa (200). Dengan begitu, atas ambisi ibundanya, Sultan Mustafa kembali naik tahta.
Sultan Mustafa lupa jika keponakannya sudah wafat dan merasa terbebani dengan statusnya sebagai sultan. Dalam sendirinya beliau terkadang memanggil Osman untuk menyelamatkannya dari statusnya ini. "Osman, datanglah. Selamatkan aku dari beratnya beban ini." (211)
Saya berharap andaikan sedang membaca cerita fiksi. Namun, inilah kenyataan yang pernah terjadi di masa lalu dalam kesultanan Ottoman.
--Osmanlı Padişahlarının Hayat Hikayeleri, Yılmaz Öztuna--

No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...