Main Ular Tangga Sambil Belajar



Kalau sedang di toko, anak selalu ngeluh bosan. Saya sudah bikin beberapa permainan berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya. Tapi tetep aja kalau sering sering mainnya bosan juga. Kemudian saya terpikir untuk membuat ular tangga tanpa memakai dadu. Pertama saya cobakan bikin asal-asalan di kertas dan ternyata anak suka. Lalu di rumah, saya coba buatkan di komputer pake corel draw tapi ternyata hasilnya ga maksimal soalnya bikin malam-malam dan cepet-cepet. Siangnya di toko saya gambar di karton dan diwarnai bareng anak. Alhamdulillah hasilnya memuaskan.

Pagi-pagi sebelum anak datang ke toko, saya sudah buatkan pertanyaan matematika dan agama di potongan-potongan kertas.

Bagaimana para pemain bisa melangkah di permainan ular tangga tanpa dadu? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan, maka pemain bisa melangkah. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu berupa angka-angka. Pertanyaan matematik seputar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Sedangkan pertanyaan agama seperti:
Tanya: Salat subuh berapa rakaat?
Jawab: 2
Maka pemain akan maju 2 langkah.

Anak suka banget dengan permainan ini.

Sekarang saya sedang siapkan untuk pertanyaan IPA dan IPS.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam