Mati Listrik dan Dentuman Meriam

"Waktu sudah menunjukkan waktu berbuka puasa untuk kota Alanya. Dentuman meriam sudah terdengar. Saya bingung antara langsung berbuka atau tidak. Saya menunggu beberapa menit dan akhirnya saya berbuka karena orang lain pun sudah melakukannya."

Sekitar pukul enam sore, listrik mati. Pukul 6.30 saya berangkat ke toko diiringi hujan besar. Sesampainya di toko ternyata listrik sama-sama mati. Katanya seluruh Alanya listrik mati. Menjelang berbuka puasa (jam 20 lebih), tidak ada tanda-tanda listrik akan menyala. Hidangan iftar yang saya bawa sudah disiapkan di depan toko, saya dan suami duduk berhadapan dan bersiap untuk berbuka puasa.

Dentuman meriam (1 kali) sudah terdengar yang menandakan waktu untuk berbuka puasa. Dentuman meriam ini terdengar tidak hanya waktu listrik mati saja, namun hal ini berlangsung selama bulan Ramadan. Listrik nyala atau tidak, meskipun terdengar kumandang adzan, dentuman meriam akan selalu terdengar ketika waktu berbuka puasa. Dentuman meriam sebagai tanda berbuka puasa sudah menjadi tradisi sejak jaman kesultanan Ottoman berkuasa di Turki.

Meskipun dentuman meriam sudah terdengar, saya tidak langsung berbuka puasa. Rasanya tidak afdol jika belum terdengar suara adzan. "Ayo diminum airnya," kata suami. Saya bersikukuh menunggu adzan berkumandang. "Barusan sudah terdengar dentuman meriam, sama aja itu udah tanda untuk berbuka. Lagian listrik kan mati, gimana mau mendengar adzan dari masjid?" jelas suami. "Emangnya di masjid ga ada generator?" tanya saya. "Ga ada, sudah kamu minum aja," bujuk suami.

"Kok kalian belum makan? Orang-orang udah pada makan tuh, kan barusan udah terdengar dentuman meriam," tanya salah seorang teman.

Selang beberapa menit dari waktu berbuka, akhirnya saya pun berbuka karena orang lain pun sudah melakukannya.

Doa berbuka puasa:
Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa Ar-hamarrohimiin.


Jumat, 19 Juni 2015
Dian Akbas

No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...