4 Istana di Istanbul yang Terbuka untuk Turis

Credit foto: Istana Topkapı-Dolmabahçe (Lia Er), 
Istana Yıldız (Mehtap Kalem), Istana Beylerbeyi (Camar Wulan)

Berwisata ke Turki, sudah pasti tidak melewatkan kota Istanbul yang merupakan salah satu kota yang berada di dua benua (Asia dan Eropa). Di Istanbul banyak terdapat Istana bersejarah yang sampai sekarang masih terawat dengan baik. Beberapa istana ada yang masih dipergunakan untuk tempat kediaman dan kantor petinggi negara, ada pula yang dijadikan hotel, dan ada pula yang dijadikan museum.

Berikut adalah 4 istana yang terbuka untuk turis:

1. Istana Topkapı (Topkapı Saray)
Istana Topkapu awalnya bernama Yeni Saray (Istana Baru), tapi sejak dibangunnya sebuah gerbang dan paviliun pinggir pantai di kompleks istana tersebur, Yeni Saray lebih dikenal dengan nama Topkapı Saray. Istana Topkapı adalah istana kesultanan Ottoman yang pertama kali dibangun sejak penaklukkan Konstantinopel pada tahun 1453. Sekarang istana ini dijadikan museum. Bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari Selasa. Tiket masuk 30 TL + 15 TL (untuk bagian Harem).

2. Istana Dolmabahçe (Dolmabahçe Sarayı)
Istana Dolmabahçe merupakan istana pertama di Istanbul yang bergaya Eropa. Berfungsi sebgai pusar administrasi pemerintahan kesultanan Ottoman dari tahun 1856-1922. Sejak saat dideklarasikannya Republik Turki, Dolmabahçe dijadikan aset nasional. Beberapa bagian istana ini terbuka untuk turis dan dapat dikunjungi setiap hari kecuali Senin dan Kamis. Tiket masuk untuk mengunjungi bagian Selamlik dan Harem adalah 50 TL.

3. Istana Yıldız (Yıldız Sarayı)
Istana Yıldız adalah istana kesultanan Ottoman yang keempat. Istana pertama adalah Old Palace, kedua adalah Topkapı Palace, ketiga adalah Dolmabahçe Palace, dan keempat adalah Yıldız Palace. Dalam bahasa Turki, yıldız berarti bintang. Sebelum dibangun sebagai istana untuk kedudukan sultan, Yıldız adalah istana peristirahatan musim panas yang terbuat dari kayu alam dan dibangun oleh Sultan Ahmet I. Kemudian, Yıldız dibangun kembali sebagai istana yang lebih besar oleh Sultan Abdulhamit II. Sekarang Istana Yıldız dijadikan museum yang bisa dikunjungi setiap hari (kecuali Senin dan Kamis) dengan tiket masuk 10 TL.

4. Istana Beylerbeyi (Beylerbeyi Sarayı)
Beylerbeyi, yang berarti tuannya para tuan merupakan istana musim panas kesultanan Ottoman yang berada di Uskudar, sisi Asia dari Bosporus. Istana ini dapat dikunjungi setiap hari (kecuali Senin dan Kamis), dengan tiket masuk 20 TL.

Semoga ulasan tentang 4 istana tersebut dapat memberikan masukan bagi Anda para wisatawan Indonesia yang akan berkunjung ke Istanbul-Turki.

Untuk mengetahui secara detil tentang keempat istana tersebut, dapat dibaca buku Best of Turki karya saya (duet dengan Lia Er).



Selamat berwisata!
Summer di Alanya
14 Juni 2015

Dian Akbas


Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki