Kartuş Bank

Seperti biasa kalau saya jaga toko dan waktu salat tiba, saya salat di masjid ya ada di area bazar. Suatu hari abis salat, ada wanita muda Turki yang bertanya pada saya. Sejak saat itu kalau bertemu, kami saling bertegur sapa. Tapi sampai saat ini, kami tidak tahu nama satu sama lain. Lupa kenalan gitu :D Yang saya tahu, suaminya bekerja di salah satu resto dekat sini.

Awalnya ia bertanya apakah saya kerja di sini. Saya jawab "tidak, tapi kami punya toko baju di sini," sambil menjelaskan letak toko saya dan ia pun tahu lokasi yang saya jelaskan itu. Saya pun bertanya balik pertanyaan yang sama. Jawabnya seperti ini: "Suami saya kerja di resto (lupa namanya) dan saya ikut membantu." Resto itu di mana ya?" tanya saya kembali. "Itu di jalan sebelah sana, tahu Kartuş Bank?" ungkapnya sambil bertanya. Saya pura-pura tahu letak Kartuş Bank seraya mengiyakan pertanyaannya. Sambil mikir yang mana Kartuş Bank, perasaan di jalan itu tidak ada bank. Yang terpikir oleh saya saat itu Kartuş Bank adalah bank tempat menabung.

Saya pulang ke toko dengan penuh tanda tanya tentang Kartuş Bank dan berpikir keras tentang jalan yang sering saya lalu itu. Lalu saya tanya ke suami tentang Kartuş Bank yang ada di jalan itu. Sebelum dijawabnya, saya mengungkapkan tentang ingatan saya kalau di jalan itu tidak ada bank. "Itu yang di sebelah internet cafe bukannya Kartuş Bank?" jawab suami dengan nadanya yang bertanya pada saya.

Ooohhh ternyata yang dimaksud Kartuş Bank ini adalah tempat untuk membeli atau isi ulang tinta / toner printer :D

Dalam bahasa Turki "kartuş" = "cartridge"


Mari belajar Bahasa Turki murah meriah ;)


No comments:

Post a Comment

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...